Meningkatkan Motivasi Belajar Baca Tulis Quran Menggunakan Media Audio Visual
DOI:
https://doi.org/10.32832/diversityjournal.v5i1.19589Keywords:
motivasi belajar; media audio visual; baca tulis quranAbstract
Keterampilan dasar dalam memahami ajaran agama Islam yang perlu dikuasai siswa salah satunya yaitu kemampuan dalam membaca dan menulis quran. Pembelajaran yang mendorong siswa menguasai kemampuan Baca Tulis Quran perlu diupayakan dengan baik. Tujuan Penelitian untuk meningkat motivasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) di Kelas VII SMP Ummul Quran An Nuur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pembelajaran yang dilakukan oleh observer saat kegiatan tindakan berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dengan digunakannya media audio visual, siswa lebih banyak terlibat dan berinteraksi dalam pembelajaran dan memudahkan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan penelitian ini maka mengajar baca tulis quran dengan berbantuan media audio visual akan dapat mempermudah siswa menguasai pembelajaran dan meningkatkan motivasi dalam belajar.
References
Adnan, N. (2022, November 15). MTQ dan Gerakan Korpri Mengaji. Kementrian Agama Republik Indonesia. https://kemenag.go.id/opini/mtq-dan-gerakan-korpri-mengaji-io0n0e
Arifin, A., Ma’ruf, F., & Yasin, I. (2020). Efektivitas Belajar Al-Qur’an Dengan menggunakan Aplikasi Hijaiyah Berbasis Budaya Lokal “Nggahi Mbojo” (Bahasa Bima) Pada Lansia di Kabupaten Dompu. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 24–30. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.10
Asrul, A. (2023). Effectiveness of Al-Qur’an Murottal Therapy Against Anxiety of Preoperative Patients. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(1), 129–135. https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i1.913
Fhitria, S., & Lisnawati, S. (2024). Pengaruh Metode Active Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih MTs Al Mizan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP), 10(24).
Halimah, A., Adriansah Adriansah, & Supendi, D. (2023). Pendampingan belajar tahsin Alquranuntuk meningkatkan kemampuan baca tulis Alquran pada anak usia SMP di Kampung Cihanjawar Kolot. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1).
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Hayati, N., & Pahlevi, T. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar. Journal of Office Administration : Education and Practice, 2(2), 79–95. https://doi.org/10.26740/joaep.v2n2.p79-95
King, L. A. (2010). Psikologi Umum. Salemba HUmanika.
Lisnawati, S., Islam, R. A. F., & Subagiya, B. B. (2023). Penggunaan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar Fiqih pada siswa di MTs. Ta’dibuna, 12(4).
Lisnawati, S., & Siregar, H. (2019). Pengaruh Self Assessment Terhadap Hasil Belajar Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Bidang Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 195. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3627
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303
Muhammad Abdul Istiqlal. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X TSM (Teknik Sepeda Motor) Melalui Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI di SMK N 1 Batipuh. EduSpirit : Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(4).
Nurhidayati, V. N., Fitra Ramadani, Fika Melisa, & Desi Armi Eka Putri. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Binagogik, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.428
Nurlaily, F., & Pranata, K. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas Redah di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(3), 476. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5297
Nurochmah, A. D., Nabila, G., & Matnur Ritonga. (2022). Peran TPQ Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur’an Pada Anak Di TPA Ar-Rahmah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(29).
Rahma, E., Elfi Rahma, & A, Mashumi. (2025). Tantangan dan Solusi Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa di SMPN 9 Tualang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1).
Rahmatullah, A. S., & Chaer, Moh. T. (2022). Efektivitas Gaya Mengajar Interaksional Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah 1 Tegal. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(1), 25–38. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i1.197
Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). Strategi Peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas. Journal on Teacher Education, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.901
Sabrina, N. A., Maharaja, L. R., Naingglan, M. M., & Gaol, M. L. (2023). Pengaruh Pengembangan Media Ajar Visual Terhadap Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Konsep Matematika Secara Visual. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i1.113
Warsiman. (2022). Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Wijayanti, L. M., & Aisahningsih, S. (2023). Urgensi Niat Belajar Menurut Syaikh Al-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim Thariqat at-Ta`Allum. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).
Yulianto, A., Yulianto, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 403–414. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.731