Meningkatkan Motivasi Belajar Baca Tulis Quran Menggunakan Media Audio Visual

Authors

  • Santi Lisnawati Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Noor Isna Alfaein Universitas Ibn Khaldun
  • Noneng Siti Rosidah Universitas Ibn Khaldun
  • Ade Suryani Universitas Ibn Khaldun
  • Fauzia Turohmah Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/diversityjournal.v5i1.19589

Keywords:

motivasi belajar; media audio visual; baca tulis quran

Abstract

Keterampilan dasar dalam memahami ajaran agama Islam yang perlu dikuasai siswa salah satunya yaitu kemampuan dalam membaca dan menulis quran. Pembelajaran yang mendorong siswa menguasai kemampuan Baca Tulis Quran perlu diupayakan dengan baik. Tujuan Penelitian untuk meningkat motivasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) di Kelas VII SMP Ummul Quran An Nuur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pembelajaran yang dilakukan oleh observer saat kegiatan tindakan berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dengan digunakannya media audio visual, siswa lebih banyak terlibat dan berinteraksi dalam pembelajaran dan memudahkan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan penelitian ini maka mengajar baca tulis quran dengan berbantuan media audio visual akan dapat mempermudah siswa menguasai pembelajaran dan meningkatkan motivasi dalam belajar.

References

Adnan, N. (2022, November 15). MTQ dan Gerakan Korpri Mengaji. Kementrian Agama Republik Indonesia. https://kemenag.go.id/opini/mtq-dan-gerakan-korpri-mengaji-io0n0e

Arifin, A., Ma’ruf, F., & Yasin, I. (2020). Efektivitas Belajar Al-Qur’an Dengan menggunakan Aplikasi Hijaiyah Berbasis Budaya Lokal “Nggahi Mbojo” (Bahasa Bima) Pada Lansia di Kabupaten Dompu. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 24–30. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.10

Asrul, A. (2023). Effectiveness of Al-Qur’an Murottal Therapy Against Anxiety of Preoperative Patients. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(1), 129–135. https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i1.913

Fhitria, S., & Lisnawati, S. (2024). Pengaruh Metode Active Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih MTs Al Mizan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP), 10(24).

Halimah, A., Adriansah Adriansah, & Supendi, D. (2023). Pendampingan belajar tahsin Alquranuntuk meningkatkan kemampuan baca tulis Alquran pada anak usia SMP di Kampung Cihanjawar Kolot. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1).

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587

Hayati, N., & Pahlevi, T. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar. Journal of Office Administration : Education and Practice, 2(2), 79–95. https://doi.org/10.26740/joaep.v2n2.p79-95

King, L. A. (2010). Psikologi Umum. Salemba HUmanika.

Lisnawati, S., Islam, R. A. F., & Subagiya, B. B. (2023). Penggunaan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar Fiqih pada siswa di MTs. Ta’dibuna, 12(4).

Lisnawati, S., & Siregar, H. (2019). Pengaruh Self Assessment Terhadap Hasil Belajar Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Bidang Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 195. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3627

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303

Muhammad Abdul Istiqlal. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X TSM (Teknik Sepeda Motor) Melalui Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI di SMK N 1 Batipuh. EduSpirit : Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(4).

Nurhidayati, V. N., Fitra Ramadani, Fika Melisa, & Desi Armi Eka Putri. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Binagogik, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.428

Nurlaily, F., & Pranata, K. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas Redah di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(3), 476. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5297

Nurochmah, A. D., Nabila, G., & Matnur Ritonga. (2022). Peran TPQ Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur’an Pada Anak Di TPA Ar-Rahmah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(29).

Rahma, E., Elfi Rahma, & A, Mashumi. (2025). Tantangan dan Solusi Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa di SMPN 9 Tualang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1).

Rahmatullah, A. S., & Chaer, Moh. T. (2022). Efektivitas Gaya Mengajar Interaksional Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah 1 Tegal. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(1), 25–38. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i1.197

Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). Strategi Peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas. Journal on Teacher Education, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.901

Sabrina, N. A., Maharaja, L. R., Naingglan, M. M., & Gaol, M. L. (2023). Pengaruh Pengembangan Media Ajar Visual Terhadap Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Konsep Matematika Secara Visual. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i1.113

Warsiman. (2022). Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Wijayanti, L. M., & Aisahningsih, S. (2023). Urgensi Niat Belajar Menurut Syaikh Al-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim Thariqat at-Ta`Allum. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Yulianto, A., Yulianto, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 403–414. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.731

Downloads

Published

2025-04-05

How to Cite

Santi Lisnawati, Alfaein, N. I., Rosidah, N. S., Suryani, A., & Turohmah, F. (2025). Meningkatkan Motivasi Belajar Baca Tulis Quran Menggunakan Media Audio Visual . Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 5(1), 84–96. https://doi.org/10.32832/diversityjournal.v5i1.19589