Model Konseling Islam Dalam Menangani Korban Bullying Pada Remaja

Authors

  • Elis Nur Aisah MPAI UIKA
  • Luthfiyah Masrukhan Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Nanin Diah Kurniawati Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Asep Sunandar Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Jauhari Sunandar Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Amir Tengku Ramly Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/djip-uika.v4i1.8620

Abstract

Prevalensi bullying di kalangan remaja Indonesia menempati angka yang cukup tinggi. Konsekuensi negatif yang ditimbulkannya dapat membahayakan semua orang yang terlibat, terutama korban. Sehingga sangat perlu adanya upaya untuk mengatasi dan memberikan pendampingan atau penanganan pemulihan sosial untuk mengurangi kasus ini di masa mendatang. Artikel ini menyajikan literaratur yang berkaitan dengan "Model Konseling Islam dalam Menangani Korban Bullying pada Remaja”. Adapun tujuannya adalah untuk mengungkap beberapa permasalahan terkait, yaitu: 1) Menganalisis konsep konseling islam berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits; 2) Fenomena dan dampak bullying pada remaja; 3) Model konseling islam bagi korban bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kajian kepustakaan atau studi literatur dari beberapa artikel ilmiah, buku, media online, dan sumber kredibel lainnya yang berkaitan dengan pokok penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model konseling islam yang dapat digunakan untuk menangani korban bullying yaitu model Taujihat Wa Irsyadat Robbani.

Author Biographies

Luthfiyah Masrukhan, Universitas Ibn Khaldun Bogor

MPAI

Nanin Diah Kurniawati, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Podi MPAI

Asep Sunandar, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Prodi MPAI

Jauhari Sunandar, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Prodi MPAI

Amir Tengku Ramly, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Prodi Magister Manajemen

References

Ali, A. C. P. (2022). Fenomena Bullying Siswa Dan Upaya Penanganannya (Studi Kasus Siswa SMP Negeri 1 Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar).

Amini, Y. S. J. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak, Jakarta: Grasindo.

Azis, Rifqi. Https:// konselor-profesional.blogspot.com/2012/03/definisi-harga-diri

Bawazier, Djauharah, (2013). Be a Moslem be a Counselor. Jakarta. Bunyan Andalan Sejati.

Danial, E dan Warsiah N. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: laboratorium PKn UPI, hal. 80.

De, J. A., Tobing, E., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Mental Anak Terhadap Terjadinya Peristiwa Bullying. Pendidikan Tambusai, 5 (1).

Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Cetakan Ke-26 (Bandung: ALFABETA, 2017), hlm. 246.

Farid, A. (2015). Model Bimbingan Konseling Islam Anwar Sutoyo dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(2), 381-400.

Hayat, Abdul. (2017). Bimbingan Konseling Qurani. Yogyakarta. Pustaka Pesantren.

Herawati, N., & Deharnita, D. (2019). Gambaran faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku bullying pada anak. NERS Jurnal Keperawatan, 15(1), 60-66.

Mahmudi, Ibnu (2012). Perilaku Bullying dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling Islam. Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Olweus, D. (2004). Bullying at school. Australia: Blackwell Publishing.

Prastiwi, Mahar. (2021). Kompas.com dengan judul "Dosen UNY: Ini Dampak Bullying bagi Korban dan Pelaku, Berikut Pencegahannya",: https://www.kompas.com/edu/read/2021/02/28/183055371/dosen-uny-ini-dampak-bullying-bagi-korban-dan-pelaku-berikut-pencegahannya

Rahim Faqih, Aunur. 2001. Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Yogyakarta: UII Press.

Salim dan Syahrum, Metodologi Penelitian Kualitatif,( Bandung: Citapustaka Media, 2016), hlm. 46.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung : PT. Alfabeta,2011) , hlm. 9.

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Aisah, E. N., Masrukhan, L., Kurniawati, N. D., Sunandar, A., Sunandar, J., & Ramly, A. T. (2024). Model Konseling Islam Dalam Menangani Korban Bullying Pada Remaja. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 4(1), 01–15. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v4i1.8620