PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG PERUBAHAN MASYARAKAT INDONESIA PADA ZAMAN PENJAJAHAN DAN TUMBUHNYA SEMANGAT KEBANGSAAN
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v4i1.14220Abstract
Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS tentang perubahan masyarakat indonesia pada zaman penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada zaman penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan di Kelas VIII H SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. (2) Untuk mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang perubahan masyarakat Indonesia pada zaman penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing di Kelas VIII H SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. (3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang perubahan masyarakat Indonesia pada zaman penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing di Kelas VIII H SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VIII H semester 1 SMP Negeri 6 Kota Bogor.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Candra Yanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |