MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DI SMP NEGERI 6 KOTA BOGOR

Authors

  • Mariam SMP Negeri 6 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v4i1.14224

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi.  Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui model cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII H SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. (2) Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum dan sesudah menggunakan model cooperative learning di kelas VII H SMP Negeri  6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2022/2023 (3) Untuk menngukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan model cooperative learning di Kelas VII  H SMP Negeri 6 Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2022/2023.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model cooperative learning dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VII H SMP Negeri 6  Kota Bogor. Sebelum menggunakan model cooperative learning hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 65,95 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model cooperative learning menjadi 74,46 pada siklus 1 dan 80,41 pada siklus 2. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model cooperative learning yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan model cooperative learning disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor

Published

2023-05-23

How to Cite

Mariam. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DI SMP NEGERI 6 KOTA BOGOR. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 15–27. https://doi.org/10.32832/edukha.v4i1.14224

Issue

Section

Articles