PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG PERUBAHAN KERUANGAN DAN INTERAKSI ANTARRUANG DI INDONESIA DAN NEGARA-NEGARA ASEAN
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v4i1.14227Abstract
Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang di indonesia dan negara-negara ASEAN. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui model cooperatif learning type jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN. (1) menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN sebelum dan sesudah menggunakan model cooperatif learning type jigsaw. (2) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN sesudah menggunakan model cooperatif learning type jigsaw. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model cooperatif learning type jigsaw dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VIII I semester 1 SMP Negeri 18 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model cooperatif learning type jigsaw hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 61,86 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model cooperatif learning type jigsaw menjadi 71,86 pada siklus 1 dan 78,71 pada siklus 2. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperatif learning type jigsaw yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yeti Suryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |