PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG FAKTOR DAN KELIPATAN BILANGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN POLISI 5 KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v1i1.3203Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematikatentang faktor dan kelipatan bilangan, melatar belakangi dilakukannya penelitianini. Oleh karena itu guru perlu melakukan tindakan perbaikan dalam prosespembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga akanberdampak pada peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajarankooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didiktentang faktor dan kelipatan bilangan di kelas IV SDN Polisi 5 Kecamatan BogorTengah Kota Bogor semester I Tahun pelajaran 2018/2019 (2) Untukmengambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang faktor dankelipatan bilangan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make aMatch di kelas IV SDN Polisi 5 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor semester ITahun pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasilbelajar peserta didik tentang faktor dan kelipatan bilangan setelah menerapkanmodel pembelajaran kooperatif tipe Make a Match di kelas IV SDN Polisi 5Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor semester I Tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match, telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik terutama pada materi faktor dan kelipatan bilangan. Sebelum menerapkan model pembelajaran Make a Match pada materi faktor dan kelipatan bilangan, dari 30 orang peserta didik, hanya 7 orang peserta didik (23,33%) yang mendapatkan nilai mencapai KKM. Setelah dilakukan perbaikan dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model Make a Match, terjadi peningkatan pada siklus I sebanyak 21 orang peserta didik (70%) berhasil mencapai KKM. Pada siklus II terjadi peningkatan lagi. Semua peserta didik yaitu sebanyak 30 orang(100%) berhasil mencapai nilai KKM. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang faktor dan kelipatan bilangan. Oleh karena itu peneliti menyarankan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match hendaknya disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Negeri Polisi 5 pada khususnya, dan di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor pada umumnya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |