MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v1i2.3924Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif
tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang
Perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara pada mata pelajaran PKn di Kelas VII A SMP Negeri 5 Kota Bogor semester I tahun pelajaran 2018/2019. (2) Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara pada mata pelajaran PKn sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di Kelas VII A SMP Negeri 5 Kota Bogor semester I tahun pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mengukur
besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara pada mata pelajaran PKn setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di Kelas VII A SMP Negeri 5 Kota Bogor semester I tahun pelajaran 2018/2019.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta
didik di Kelas VII A semester 1 SMP Negeri 5 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 65,15 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation menjadi 72,94 pada siklus 1 dan 81,32 pada siklus 2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan
situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran PKn di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |