PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUNAN ALAM (IPA)
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v1i2.3934Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif
tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik tentang sistem reproduksi manusia pada mata pelajaran IPA di kelas 9.1 SMP Negeri 16 Kota Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. (2) Untuk menggambarkan proses peningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik tentang sistem reproduksi manusia pada mata pelajaran IPA sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas 9.1 SMP Negeri 16 Kota Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mengukur besarnya peningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik tentang sistem reproduksi manusia pada mata pelajaran IPA setelah
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas 9.1 SMP Negeri 16 Kota Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik
di Kelas 9.1 SMP Negeri 16 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, prestasi belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 67,19 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD menjadi 74,69 pada siklus 1 dan 82,03 pada siklus 2
Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam
pembelajaran IPA di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |