MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KARTU HURUF

Authors

  • Nunah .

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v2i1.4800

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1). Mengetahui alat peraga kartu huruf dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang perawatan tubuh serta pemeliharaankesehatan dan kebugaran tubuh di kelas I C SD Negeri Sindangsari Kota Bogor (2). Menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga kartu huruf di kelas I C SD Negeri Sindangsari Kota Bogor (3). Mengukur
besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang perawatan tubuh serta
pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh setelah menggunakan alat peraga kartu huruf di kelas I C SD Negeri Sindangsari Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat peraga kartu huruf dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas I C SD Negeri Sindangsari Kota Bogor. Diketahui sebelum menggunakan
alat peraga kartu huruf hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 63,62 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan alat peraga kartu huruf menjadi 72,59 pada siklus 1 dan 81,21 pada siklus 2. Berdasarkan data di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan alat peraga kartu huruf yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar
penggunaan alat peraga kartu huruf disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

., N. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KARTU HURUF. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 23–34. https://doi.org/10.32832/edukha.v2i1.4800

Issue

Section

Articles