UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v2i1.4804Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui penerapan Model Pembelajaran
Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar di kelas 9.8 SMP Negeri 16 Kota Bogor. (2) Menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengarsebelum dan sesudah
menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) di kelas 9.8 SMP Negeri 16 Kota Bogor. (3) Mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar msesudah menggunakan Model Pembelajaran Student Team
Achievement Division (STAD) di kelas 9.8 SMP Negeri 16 Kota Bogor Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan
hasil belajar peserta didik di Kelas 9.8 SMP Negeri 16 Kota Bogor. Sebelum
menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 61,41 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD)
menjadi 70,31 pada siklus 1 dan 76,72 pada siklus 2. Berdasarkan uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi
belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan Model Pembelajaran Student Team
Achievement Division (STAD) disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota
Bogor.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |