MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGENAL KOSA KATA MEMELIHARA KESEHATAN DALAM TEKS BACAAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KARTU KATA DI SD NEGERI BANTARJATI 5 KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v2i1.4805Abstract
Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya
pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang mengenal kosa kata memelihara kesehatan dalam teks bacaan. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui alat peraga kartu kata dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang mengenal kosa kata cara memelihara kesehatan dalam teks bacaan di Kelas I SD Negeri Bantarjati 5 ara Kota Bogor. (2) Menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang mengenal kosa kata cara memelihara kesehatan dalam teks bacaan sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga kartu kata di Kelas I SD Negeri Bantarjati 5 Kecamatan Bogor Utara Kota
Bogor Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. (3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang mengenal kosa kata cara memelihara kesehatan dalam teks bacaan setelah menggunakan alat peraga kartu kata di Kelas I SD Negeri Bantarjati
5 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga kartu kata pada materi mengenal kosa kata memelihara kesehatan dalam teks bacaan, menunjukkan hasil yang memuaskan di Kelas I SD Negeri SD Negeri Bantarjati 5 Kota Bogor. Sebelum menggunakan alat peraga kartu kata hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai ratarata 65,36 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan alat peraga kartu kata menjadi 76,07 pada siklus 1 dan 86,43 pada siklus 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |