PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG RANGKAIAN LISTRIK DI SD NEGERI SINDANGSARI KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v2i1.4807Abstract
Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya
pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA Tentang rangkaian listrik dengan Menggunakan metode demonstrasi. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPA tentang rangkaian Listrik di kelas VI A SD Negeri Sindangsari Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Mendeskripsikan proses peningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPA tentang rangkaian listrik sebelum dan sesudah menggunakan metode demonstrasi (3) Mengukur besarnya peningkatan hasil belajar
peserta didik tentang rangkaian listrik sesudah menggunakan metode demonstrasi di kelas
VI A SD Negeri Sindangsari Kota Bogor Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat
menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VI A SD Negeri Sindangsari Kota Bogor. Sebelum menggunakan metode demonstrasi hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 64,22 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan metode demonstrasi menjadi 72,64 pada siklus 1 dan 80,97 pada siklus 2. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi yang disesuaikan dengan materi
pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan metode demonstrasi disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam
pembelajaran IPA di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |