PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKTIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN TENTANG PERMAINAN BOLA BASKET
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v2i2.5863Abstract
Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya
pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PJOK tentang permainan sepak bola. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui model pembelajaran taktis dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga Dan Kesehatan Tentang Permainan Bola Basket Di Kelas IX B SMP Negeri 11 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga Dan Kesehatan Tentang Permainan Bola Basket sebelum dan sedah menggunakan model pembelajaran taktis Di Kelas IX B SMP Negeri 11 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. (3) Untuk menngukur besarnya peningkatan
hasil belajar peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga Dan
Kesehatan Tentang Permainan Bola Basket setelah menggunakan model pembelajaran taktis Di Kelas IX B SMP Negeri 11 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran
taktis dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik
sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas IX B SMP Negeri 11 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran taktis hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 65,42 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran taktis menjadi 70,46 pada siklus 1 dan 79,86 pada siklus 2 Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran
taktis menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh
karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan model pembelajaran taktis
disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran PJOK di sekolahsekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |