PENGGUNAAN ALAT PERAGA SIMPAI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN (PJOK)
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v2i2.5871Abstract
Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya
pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PJOK tentang senam irama. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penggunaan alat peraga simpai
dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik tentang senam irama pada mata pelajaran PJOK di keas IV A SD Negeri Kedung Badak 4 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Untuk menggambarkan proses peningkatan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik tentang senam irama pada mata pelajaran PJOK sebelum dan sesudah menggunaan alat peraga simpai di kelas VI A SD Negeri Kedung Badak 4 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor semester 1 tahun
pelajaran 2019/2020. (3) Untuk mengukur besarnya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik tentang senam irama pada mata pelajaran PJOK sesudah menggunaan alat peraga simpai di kelas VI A SD Negeri Kedung Badak 4 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2019/2020
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat peraga
simpai dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik
sehingga terbukti meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik di Kelas IVA SD Negeri Kedung Badak 4 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Sebelum menggunakan alat peraga simpai prestasi belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 62,35 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan alat peraga simpai menjadi 70,59 pada siklus 1 dan 77,21 pada siklus 2
Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan alat peraga simpai
yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan alat peraga simpai disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran PJOK di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |