PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN (PJOK) TENTANG PERMAINAN SEPAK BOLA
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v2i2.5872Abstract
Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya
pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PJOK tentang permainan sepak bola. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui metode demonstrasi dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (PJOK) tentang permainan sepak bola di Kelas IV A SD Negeri Sindangsari Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. (2) Untuk menggambarkan proses peningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (PJOK) tentang permainan sepak bola sebelum dan sesudah menggunakan metode demostrasi di Kelas IV A SD Negeri Sindangsari Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mengukur besarnya peningkatkan hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (PJOK) tentang
permainan sepak bola sesudah menggunakan metode demostrasi di Kelas IV A SD
Negeri Sindangsari Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor semester 1 tahun pelajaran
2018/2019 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas IV A SD Negeri Sindangsari Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Sebelum menggunakan metode demonstrasi hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 67,12 kemudian terjadi peningkatan
setelah menggunakan metode demonstrasi menjadi 73,79 pada siklus 1 dan 82,42 pada siklus 2 Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan metode demonstrasi disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran PJOK di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |