MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI SMP NEGERI 11 KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7219Abstrak
Penelitian ini bertujuan: (1)untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik; (2) untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik; dan (3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang teks deskriptif lisan dan tulis pada mata pelajaran Bahasa Inggeris sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di kelas VII A SMP Negeri 11 Kota Bogor Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VII A semester 1 SMP Negeri 11 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 66,32 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match menjadi 74,26 pada siklus 1 dan 82,50 pada siklus 2. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga
terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
| Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |



