MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SMP NEGERI 11 KOTA BOGOR

Authors

  • Tuti Nurochmah Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7220

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui model Contextual Teaching and
Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Inggris; (2) untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Inggris; dan (3) untuk menngukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Inggris tentang membaca teks pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice) sesudah menggunakan model Contextual Teaching and Learning di kelas VIII H SMP Negeri 11 Kota Bogor Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VIII H semester II SMP Negeri 11 Kota
Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 65,31 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning menjadi 71,41 pada siklus 1 dan 77,50 pada siklus 2. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Nurochmah, T. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SMP NEGERI 11 KOTA BOGOR. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7220

Issue

Section

Articles