PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG POLA BARISAN BILANGAN DAN BARISAN KONFIGURASI OBJEK DI SMP NEGERI 11 KOTA BOGOR

Authors

  • Agustianingsih . Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7221

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui Model Problem Based Learning
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik; (2) untuk mendefinisikan proses
peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran; dan ( 3) untuk menngukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang pola barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek setelah menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas VIII C SMP Negeri 11 Kota Bogor Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VIII C SMP Negeri 11 Kota Bogor semester I tahun pelajaran 2019/2020. Sebelum menggunakan model Problem Based Learning hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 64,69 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model Problem
Based Learning menjadi 72,66 pada siklus 1 dan 82,19 pada siklus 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VIII C SMP Negeri 11 Kota Bogor semester I tahun pelajaran 2019/2020

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

., A. (2022). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG POLA BARISAN BILANGAN DAN BARISAN KONFIGURASI OBJEK DI SMP NEGERI 11 KOTA BOGOR. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 51–63. https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7221

Issue

Section

Articles