UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG RELASI DAN FUNGSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI SMP NEGERI 11 KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7222Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui model pembelajaran Problem
Solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik; (2) untuk mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar peserta didik; dan (3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang relasi dan fungsi setelah menggunakan model pembelajaran Problem Solving di kelas VIII F SMP Negeri 11 Kota Bogor Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar
peserta didik di Kelas VIII F SMP Negeri 11 Kota Bogor semester I tahun pelajaran
2019/2020. Sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Solving hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 66,17 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Solving menjadi 72,00 pada siklus 1 dan 78,00 pada siklus 2. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Solving yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |