MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG MENJELASKAN DAN MENENTUKAN KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN ANTAR BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY BASED LEARNING DI SMP NEGERI 11 KOTA BOGOR

Authors

  • Mira Rosila Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7224

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui model discovery based learning
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika; (2) untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika; dan (3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar setelah menggunakan model discovery based learning di kelas IX A SMP Negeri 11 Kota Bogor Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model model discovery based learning dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik
sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas IX A semester I SMP Negeri 11 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model model discovery based learning hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 62,94 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model discovery based learning menjadi 70,44 pada siklus 1 dan 76,76 pada siklus 2. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model discovery based learning yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Rosila, M. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG MENJELASKAN DAN MENENTUKAN KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN ANTAR BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY BASED LEARNING DI SMP NEGERI 11 KOTA BOGOR. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 88–100. https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7224

Issue

Section

Articles