MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPOSISI BERUPA ARTIKEL ILMIAH POPULER DARI KORAN/MAJALAH YANG DIDENGAR DAN DIBACA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7225Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik; (2) untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik; dan (3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang mengeidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah yang didengar dan dibaca sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di kelas 8.3 SMP Negeri 16 Kota Bogor Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas 8.3 SMP Negeri 16 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Make A Match hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 66,41 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match menjadi 74,53 pada siklus 1 dan 82,50 pada siklus 2. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |