MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPOSISI BERUPA ARTIKEL ILMIAH POPULER DARI KORAN/MAJALAH YANG DIDENGAR DAN DIBACA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Authors

  • Nurhasanah . SMP Negeri 16 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7225

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik; (2) untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik; dan (3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang mengeidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah yang didengar dan dibaca sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di kelas 8.3 SMP Negeri 16 Kota Bogor Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas 8.3 SMP Negeri 16 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Make A Match hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 66,41 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match menjadi 74,53 pada siklus 1 dan 82,50 pada siklus 2. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

., N. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPOSISI BERUPA ARTIKEL ILMIAH POPULER DARI KORAN/MAJALAH YANG DIDENGAR DAN DIBACA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 101–110. https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7225

Issue

Section

Articles