Upaya Membangun Budaya Akademik Guru Madrasah (Sebuah Langkah Awal)

Penulis

  • Maemunah Sa’diyah
  • Endin Mujahidin

Abstrak

Tulisan ini mengungkap sejumlah fakta seputar budaya akademik guru. Budaya akademik yang baik idealnya dimiliki oleh setiap guru. Karena guru memiliki kedudukan yang sangat vital dan strategis dalam rangka mencerdaskan bangsa. Potret budaya akademik guru madrasah di Kota dan Kabupaten Bogor masih sangat beragam. Hasil penelusuran awal yang dilakukan penulis terhadap sejumlah guru Madrasah Aliyah menunjukkan, sebagian besar guru madrasah belum mampu mengembangkan budaya akademiknya. Sejumlah faktor yang penghambat tumbuhnya budaya akademik seorang guru madrasah antara lain, tidak tersedianya sarana dan prasara pendukung yang memadai, belum adanya penghargaan sebagai bentuk apresiasi terhadap mereka yang telah mengembangkan budaya akademiknya serta belum terinternalisasinya nilai-nilai keislaman dan semangat pengembangan ilmu seperti saat-saat kejayaan madrasah pada masa keemasan Islam.

Diterbitkan

2015-10-21

Cara Mengutip

Sa’diyah, M., & Mujahidin, E. (2015). Upaya Membangun Budaya Akademik Guru Madrasah (Sebuah Langkah Awal). FIKRAH, 7(2). Diambil dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/FIKRAH/article/view/118

Terbitan

Bagian

Artikel