Upaya Membangun Budaya Akademik Guru Madrasah (Sebuah Langkah Awal)

Authors

  • Maemunah Sa’diyah
  • Endin Mujahidin

Abstract

Tulisan ini mengungkap sejumlah fakta seputar budaya akademik guru. Budaya akademik yang baik idealnya dimiliki oleh setiap guru. Karena guru memiliki kedudukan yang sangat vital dan strategis dalam rangka mencerdaskan bangsa. Potret budaya akademik guru madrasah di Kota dan Kabupaten Bogor masih sangat beragam. Hasil penelusuran awal yang dilakukan penulis terhadap sejumlah guru Madrasah Aliyah menunjukkan, sebagian besar guru madrasah belum mampu mengembangkan budaya akademiknya. Sejumlah faktor yang penghambat tumbuhnya budaya akademik seorang guru madrasah antara lain, tidak tersedianya sarana dan prasara pendukung yang memadai, belum adanya penghargaan sebagai bentuk apresiasi terhadap mereka yang telah mengembangkan budaya akademiknya serta belum terinternalisasinya nilai-nilai keislaman dan semangat pengembangan ilmu seperti saat-saat kejayaan madrasah pada masa keemasan Islam.

Downloads

Published

2015-10-21

How to Cite

Sa’diyah, M., & Mujahidin, E. (2015). Upaya Membangun Budaya Akademik Guru Madrasah (Sebuah Langkah Awal). FIKRAH, 7(2). Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/FIKRAH/article/view/118

Issue

Section

Artikel