PERANAN LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NADHLATUL ULAMA DALAM PENYEBARAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Authors

  • Maulana Ridwan Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Falakiyah Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/fikrah.v4i1.20539

Abstract

Pendidikan Islam adalah ikhtiar sadar untuk memberdayakan umat Islam dalam kerangka pengembangan peradaban Islam. Setiap muslim, utamanya para pemikir dan pakar pendidikan Islam harus merasa terpanggil untuk mengembangkan dan memajukan pendidikan Islam. Pendidikan Islam yang diharapkan adalah pendidikan yang berorientasi pada kebutuhan nyata masyarakat Islam saat ini dan saat mendatang dengan tetap berpijak pada pendidikan Islam masa kejayaan Islam.1 Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui peranan Lembaga Ma‟arif Nahdlatul Ulama dalam menjaga eksistensi pendidikan Islam yang moderat, juga peranannya dalam mengaktualisasikan pendidikan Islam di zaman yang terus berkembang. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan untuk melakukan pengumpulan data dalam peneleitian ini adalah melalui Pengamatan, Wawancara, Observasi dan Triangulasi. Hasil penelitian bahwa Lembaga Pendidikan Ma‟arif NU mampu menciptakan suasana pendidikan yang tidak hanya mengemban misi keagamaan saja, melainkan mampu mengembangkan Sumber Daya Manusia yang potensial sesuai bakat dan keahliannya.

Downloads

Published

2020-06-14

How to Cite

Ridwan, M. (2020). PERANAN LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NADHLATUL ULAMA DALAM PENYEBARAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. FIKRAH, 4(1), 53–63. https://doi.org/10.32832/fikrah.v4i1.20539

Issue

Section

Artikel