STUDI KORELASI PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHALK KELAS VII (MTS DARUL MUTTAQIEN)

Authors

  • Rizqi Putri Amalia Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Maemunah Sa’diyah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Syarifah Gustiawati Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/fikrah.v4i2.20548

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Apakah terdapat Korelasi antara Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak kelas VII MTs Darul Muttaqien”. Untuk mengetahui hubungan pembelajaran online terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kelas VII Mts Darul Muttaqien. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi angket dan dokumentasi. Digunakan untuk memperoleh data tentang pembelajaran online siswa MTs Darul Muttaqien yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai hasil pembelajar Akidah Akhlak, serta jumlah populasi. Hasil penelitian mengenai korelasi Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak MTs Darul Muttaqien, menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara pembelajaran online terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa dengan nilai 0,257 yang terletak antara interval 0,20 – 0,40 yang termasuk korelasi kurang. Kemudian dengan melihat para “r” dengan nilai signifikasinya di peroleh “r” tabel sebesar 0,361. Dengan demikian para taraf signifikasi 5% “r” hitung = 0,257 < dari “r” tabel = 0,361 berarti hipotesis alternatif (Ha) ditolak.

Downloads

Published

2020-12-19

How to Cite

Amalia, R. P., Sa’diyah, M., & Gustiawati, S. (2020). STUDI KORELASI PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHALK KELAS VII (MTS DARUL MUTTAQIEN). FIKRAH, 4(2), 124–135. https://doi.org/10.32832/fikrah.v4i2.20548

Issue

Section

Artikel