KEBIJAKAN PENDIDIKAN BERBASIS DOUBLE TRACK: BAGAIMANA POSISI PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Nahrul Saputra Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/fikrah.v6i1.20571

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana kebijakan pendidikan berbasis kawasan atau double track. Penelitian ini meliputi tentang apa dan bagaimana itu kebijakan pendidikan berbasis kawasan atau double track, dan bagaimana model pendidikan berbasis kawasan atau double track. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan berbasis double track merupakan respon kreatif pemerintah daerah Jawa Timur atas tantangan sosio-kultural, serta banyaknya lulusan (alumni) di daerah Jawa Timur yang menjadi pengangguran pasca lulus dari sekolah menengah atas serta sekolah menengah kejuruan (vocational school) yang ada di ruang lingkup Jawa Timur. Di sisi serta di tempat lain, yaitu di provinsi Gorontalo, misalnya, untuk mewujudkan salah satu program unggulan yang terdapt di daerah tersebut yaitu pada aspek pengembangan sumber daya manusia (resources). Oleh karena itu, pemerintah daerah Gorontalo, berharap program tersebut dapat terebut melalui jalur pendidikan, baik itu yang formal maupun yang non formal.

Downloads

Published

2022-06-19

How to Cite

Saputra, N. (2022). KEBIJAKAN PENDIDIKAN BERBASIS DOUBLE TRACK: BAGAIMANA POSISI PENDIDIKAN ISLAM. FIKRAH, 6(1), 27–39. https://doi.org/10.32832/fikrah.v6i1.20571

Issue

Section

Artikel