INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYUSUN STRATEGI EFEKTIF UNTUK PEMBELAJARAN AKTIF

Authors

  • Mukhrij Sidqy Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Nanda Zahira Syafa Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/fikrah.v8i1.20611

Abstract

Inovasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi kebutuhan penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan efektif seiring perkembangan zaman. Penelitian ini mengeksplorasi strategi efektif untuk pembelajaran aktif dalam Pendidikan Islam dengan mengintegrasikan pendekatan pembelajaran aktif, pemanfaatan teknologi, dan strategi kontekstual. Melalui studi literatur, penelitian ini mengidentifikasi teori-teori dan temuan penelitian terkait, seperti teori pembelajaran aktif, teori kontekstual, dan teori penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya mengintegrasikan metode interaktif, seperti diskusi kelompok, simulasi, dan permainan peran (role-playing), untuk meningkatkan partisipasi peserta didik dalam memahami dan membantu mereka menanamkan nilai-nilai Islam. Selain itu, pemanfaatan teknologi, seperti platform daring, aplikasi mobile, dan konten multimedia, dapat meningkatkan aksesibilitas, daya tarik, dan fleksibilitas pembelajaran agama Islam. Strategi kontekstual yang mengaitkan ajaran agama dengan kehidupan sehari-hari juga menjadi aspek penting dalam menciptakan pembelajaran yang sesuai dan bermakna. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi pendekatan pembelajaran aktif, teknologi, dan strategi kontekstual dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran agama Islam dalam membentuk generasi yang mampu mengimplementasikan nilai-nilai agama dalam menghadapi tantangan zaman.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Sidqy, M., & Syafa, N. Z. (2024). INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYUSUN STRATEGI EFEKTIF UNTUK PEMBELAJARAN AKTIF. FIKRAH, 8(1), 110–118. https://doi.org/10.32832/fikrah.v8i1.20611

Issue

Section

Artikel