Sistem Perancangan Audio Smart Room Menggunakan Arduino Ethernet Shield R3 Berbasis TCP/IP

Authors

  • Rudi Hartono Universitas Ibn Khaldun
  • Ade Hendri Hendrawan Universitas Ibn Khaldun
  • Ritzkal . Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/inova-tif.v3i1.4066

Abstract

Telah berhasil membuat Sistem Perancangan Audio Smart Room Menggunakan Arduino Ethernet Shiel R3 Berbasis Jaringan TCP/IP. Arduino Ethernet shield R3 digunakan sebagai perangkat untuk menghubungkan sistem dengan komputer berbasis TCP/IP, tujuan dilakukan penelitian ini agar sistem informasi ruangan-ruangan di instansi terkait bisa menggunakan sistem tcp/ip agar efektif dan efisien ketika menggunakan sistem tersebut, untuk membuat sistem tersebut peneliti merancang sesuai dengan alur penelitian yang peneliti lakukan yaitu analisis, desain, implementasi, pengujian, dibuatnya sistem berbasis tcp/ip agar sistem bisa termanage dan terkontrol dalam penggunaannya, fungsi TCP/IP adalah sebagai pengalamatan untuk perangkat agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain, Sedangkan komputer berfungsi untuk mengakses sistem yang dirancang, sehingga dari komputer bisa memanage kemana informasi akan disebarkan, pada sistem ini peneliti membuat database sistem, fungsi dari database sistem untuk penyimpanan file dari hasil rekam suara yang kemudian akan tersimpan pada database sistem tersebut, sehingga ketika hasil rekam suara sudah tersimpan pada database tinggal dilakukan penyebaran informasi ke ruangan-ruangan yang telah ditentukan, manfaat dari sistem yang telah peneliti buat adalah dalam peneyebaran informasi ke ruangan-ruangan sangat efektif dan efisien, sistem lebih terkontrol dan termanage kemana informasi suara akan digunakan dan informasi yang disebarkan oleh sistem sesuai kepada yang membutuhkan

Author Biographies

Rudi Hartono, Universitas Ibn Khaldun

Fakultas Teknik & Sains, Prodi Teknik Informatika

Ade Hendri Hendrawan, Universitas Ibn Khaldun

Fakultas Teknik & Sains, Prodi Teknik Informatika

Ritzkal ., Universitas Ibn Khaldun

Fakultas Teknik & Sains, Prodi Teknik Informatika

References

Prio Handoko, Hendi Hermawan dan Mohammad Nasucha. 2018 . Sistem Kendali Alat Elektronik Menggunakan Mikrokontroller Arduino Uno R3 Dan Ethernet Shield Dengan Antarmuka Berbasis Android. Fakultas Teknologi dan Desain Program Studi Teknik Informatika Universitas Pembangunan Jaya. https://www.researchgate.net/publication/326899796_ _[diakses Januari 2018]

Sofyan Shafiudin, Fida Jazilatur Rohma, Abdillah Eka Prasetyo dan Rifkqi Firmansyah. Pemantauan Ruang Inkubator Penetesan Telur Ayam Dengan Berbasis Telemetri Menggunakan Arduino Uno R3. https://www.researchgate.net/publication/325325141_[diakses Januari 2018]

Suhendar Dede .2015. Implementasi Sistem Pengontrol Dan WEB Monitoring Suhu Ruangan Menggunakan Algoritma PID Berbasis Aduino Uno r3. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik. UIKA.

Nurul Hayati, Slamet Winardi, ST,MT Sistem Kontrol Pembagi Suara Untuk Pengumuman Di Ruangan Kelas Berbasis Arduino Uno.. http://sistemkomputer.narotama.ac.id/wp-content/uploads/2016/04/SISTEM -KONTROL-PEMBAGI-SUARA-UNTUK-PENGUMUMAN-DI-RUANG -KELAS-BERBASIS-ARDUINO-UNO.pdf. [diakses November 2016].

Danny Kurniawan, Abdul Mujib Hadi, Eka Wahyudi. Perancangan Sistem Kendali Otomatis Pada Smart Home Menggunakan Modul Arduino Uno. https://www.researchgate.net/publication/325329108_ [diakses januari 2019]

Ai Fitri Silvia, Erik Haritman, Yuda Muladi. Rancang Bnagun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino Dan Android. http://ejournal.upi.edu/ index.php/electrans/article/download/1888/1276. [diakses desember 2018].

Akhmad Wahyu Dani, Andi Adriansyah, Dodi Hermawan. Perancangan Aplikasi Voice Command Recognition Berbasis Android Dan Arduino Uno. http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jte/article/download/811/684 [diakses maret 2018].

Sumarsono, Dwiatmi Wahyu Saptaningtyas. Pengembangan Mikrokontroler Sebagai Remote Control Berbasis Arduino. http://journal.uinjkt.ac.id/ index.php/ti/article/download/6293/pdf. [diakses desember 2018].

Iwan Sofana. Membangun Jaringan Komputer Mudah Membuat Jaringan Komputer (Wire & Wireless) untuk Pengguna Windows dan Linux. Informatika Bandung.2013.

Ritzkal. 2020. "Tick Waste Application in Houses With Warning of Microcontroller Assistant Social Media.,” Jurnal MANTIK Vol 3, hlm. 559-568.

Ritzkal, A.G., Keny Aldiansyah Mohammad Aziz, Andik Eko Kristus Pramuko, Ade Hendri Hendrawan, 2017. Implementasi Sistem Kontrol Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3 Untuk Sistem Penetasan Telur Ayam. Semin. Nas. Inov. Dan Apl. Teknol. Ind. 2017 B53.1- B53.10.

Downloads

Published

2020-06-05

How to Cite

Hartono, R., Hendrawan, A. H., & ., R. (2020). Sistem Perancangan Audio Smart Room Menggunakan Arduino Ethernet Shield R3 Berbasis TCP/IP. Jurnal Inovatif : Inovasi Teknologi Informasi Dan Informatika, 3(1), 28–37. https://doi.org/10.32832/inova-tif.v3i1.4066

Issue

Section

Artikel