Sistem Informasi Perencanaan Pembelian Barang (Studi Kasus : Susan Gallery)

Authors

  • Adam Pratama Universitas Ibn Khaldun
  • Dewi Primasari Universitas Ibn Khaldun
  • Fitrah Satrya Fajar Kusumah Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/inova-tif.v3i1.4070

Abstract

Sistem Informasi Perencanaan Pembelian Barang (Studi Kasus: Susan Gallery) Susan Gallery merupakan badan usaha yang bergerak di bidang penjualan barang furniture yang berlokasi di Kota Depok. Perencanaan pembelian barang di Susan Gallery masih menggunakan pencatatan rekap manual, sehingga masih sangat rentan terjadi kesalahan pencatatan. Berdasarkan latar belakang diatas adalah membuat sistem informasi yang mampu merencanakan pembelian barang, dan bisa mengetahui berapa banyak barang yang direncanakan untuk dibeli, sehingga dapat membantu Susan Gallery untuk merencanakan pembelian barang. Untuk perencanaan pembelian barang menggunakan metode Moving Average. Untuk pengembangan sistem menggunakan metode waterfall yang meliputi tahap perencanaan, tahap analisis, tahap desain, tahap implementasi, dan tahap pemeliharaan. Hasil dari sistem informasi perencanaan pembelian barang ini adalah berupa data untuk pembelian barang yang telah direncanakan. Manfaat sistem ini adalah untuk membantu Susan Gallery untuk mengetahui banyak barang yang direncanakan untuk dibeli.

Author Biographies

Adam Pratama, Universitas Ibn Khaldun

Fakultas Teknik & Sains, Prodi Teknik Informatika

Dewi Primasari, Universitas Ibn Khaldun

Fakultas Teknik & Sains, Prodi Teknik Informatika

Fitrah Satrya Fajar Kusumah, Universitas Ibn Khaldun

Fakultas Teknik & Sains, Prodi Teknik Informatika

References

Postel, Jim, Furniture Design 2nd edition, USA: John Willey & Sons, Inc, 1958

S. Agung, Akbar, Penerapan Metode Single Moving Average dan Exponential Smoothing dalam Peramalan Permintaan Produk Meubel Jenis Coffee Table pada Java Furniture, Klaten, Surakarta:Universitas Sebelas Maret, 2009.

F. Nash, John, diterjemahkan oleh La Midjan, Pengertian Sistem Informasi,

Jakarta: Informatika, 1995.

Assauri, Sofjan, Manajemen Produksi dan Operasi:Edisi revisi 2008, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2008.

Imbar Victor, Radiant dan Yon Andreas, Aplikasi Peramalan Stok Barang Menggunakan Double Exponential Smoothing, Bandung:Universitas Kristen Maranatha. 2012.

R. Astamal, Mastering Kode HTML, Surabaya: rahasia-webmaster.com, 2006.

Nurcholish, Ahmad, Membangun database arsip persuratan menggunakan pemrograman PHP dan Mysql: studi kasus pada Kantor Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Sukabumi: CV. Jejak, 2018.

Whitten J, System Analysis And Design Methods, New York: Mc Graw-Hill Irwin, 2007.

Pressman R, Software Engineering: A Practitioner's Approach, New York: McGraw-Hill Book Company, 2001.

Downloads

Published

2020-06-11

How to Cite

Pratama, A., Primasari, D., & Fajar Kusumah, F. S. (2020). Sistem Informasi Perencanaan Pembelian Barang (Studi Kasus : Susan Gallery). Jurnal Inovatif : Inovasi Teknologi Informasi Dan Informatika, 3(1), 84–92. https://doi.org/10.32832/inova-tif.v3i1.4070

Issue

Section

Artikel