RANCANG BANGUN WEB SERVICE INFORMASI PERPUSTAKAAN DI KOTA BOGOR

Authors

  • Ade Yansyah Universitas Ibn Khaldun
  • Safaruddin H. Al-Ikhsan Universitas Ibn Khaldun
  • Iksal Yanuarsyah Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/inova-tif.v1i2.5445

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi, dan pelestarian khasanah ilmu pengetahuan. Informasi mengenai lokasi perpustakaan dan waktu pelayanan di Kota Bogor belum dikelola dengan baik, dan masih bersifat tertutup. Akibatnya masyarakat Kota Bogor sulit untuk mengakses informasi-informasi berkaitan dengan ketersediaan perpustakaan, lokasi dan waktu pelayanan. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah aplikasi  yang mampu menyajikan informasi perpustakaan di Kota Bogor. Penelitian ini bertujuan sebagai penerapan teknologi informasi dalam manajemen informasi perpustakaan melalui pengembangan web service dengan pendekatan SOA yang memiliki sifat interoperability dalam proses transmisi data yang dapat diakses oleh berbagai aplikasi dan platform. Penelitian ini menggunakan metode linear sequential model. Bahan Penelitian terdiri dari data berupa data koordinat lokasi perpustakaan, informasi  berkaitan  perpustakaan  dan  informasi  pelayanan. Aplikasi  memiliki fungsi sebagai media pertukaran informasi antara admin perpustakaan  dengan pengunjung perpustakaan. Sehingga pengguna sistem dikategorikan menjadi dua yaitu Admin dan Pengunjung yang memiliki hak akses tertentu. Perancangan sistem menggunakan pendekatan Unified Modeling Language (UML) yang menggambarkan  hubungan,  interaksi,  aktivitas,  dan  kolaborasi  antar elemen- elemen yang terkait dengan proses manajemen data sebaran lokasi perpustakaan. Layanan yang disediakan oleh aplikasi dibuktikan dengan API perpus, API service, API node, API neighboring node, API manage library, API manage service, API manage User. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa seluruh layanan yang terdapat dalam aplikasi berjalan dengan baik. Penerapan teknologi informasi meningkatkan efisiensi dari proses pertukaran informasi perpustakaan dan dapat diakses oleh berbagai aplikasi dan platform.

Author Biographies

Ade Yansyah, Universitas Ibn Khaldun

Tekmnik Informatika

Safaruddin H. Al-Ikhsan, Universitas Ibn Khaldun

Teknik Informatika

Iksal Yanuarsyah, Universitas Ibn Khaldun

Teknik Informatika

References

. Pressman, Roger S, Software Engineering: A Practitioner's Approach, McGraw-Hill Education, A Business Unit of the McGraw Hill Companies, Inc, New York, 2010.

. Sommerville, Ian, Software Engineering, (9th Edition), Addison-Wesley, Boston, 201

Downloads

Published

2018-12-03

How to Cite

Yansyah, A., Al-Ikhsan, S. H., & Yanuarsyah, I. (2018). RANCANG BANGUN WEB SERVICE INFORMASI PERPUSTAKAAN DI KOTA BOGOR. Jurnal Inovatif : Inovasi Teknologi Informasi Dan Informatika, 1(2), 85–90. https://doi.org/10.32832/inova-tif.v1i2.5445

Issue

Section

Artikel