SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGARSIPAN BPKB DI POLRES KABUPATEN BOGOR BERBASIS WEB

Authors

  • Muhammad Hamdani Universitas Ibn Khaldun
  • Dewi Primasari Universitas Ibn Khaldun
  • Hersanto Fajri Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/inova-tif.v1i2.5447

Abstract

Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat. Salah satunya Polres Kabupaten Bogor merupakan instansi pemerintah yang mempunyai tugas memelihara keamanan, menegakan hukum, memberikan perlindungan dan pelayanan terhadap masyarakat dan melayani pelayanan administrasi registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor serta pengemudi yang didalamnya juga mengurus pengarsipan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Sistem informasi manajemen pengarsipan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang ada di Polres Kabupaten Bogor masih dilakukan secara manual. Hal tersebut kurang efektif untuk memanajemen data setiap arsip BPKB yang masuk atau keluar tidak berjalan secara maksimal sehingga proses pelayanan data manajemen pengarsipan yang ada masih belum dikelola dengan baik. Sistem informasi manajemen atau sering dikenal dengan singkatannya MIS merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen. Model waterfall merupakan model klasik yang bersifat sistematis, berurutan dalam membangun software dan model ini juga melakukan pendekatan secara sistematis dan berurutan. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen pengarsipan BPKB di Polres Kabupaten Bogor berbasis web ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan informasi pengarsipan arsip BPKB, mempermudah dalam pengarsipan arsip BPKB di Polres Kabupaten Bogor dan hasil pengelolaan arsip BPKB secaara manual sekarang sudah menjadi digital.

Author Biographies

Muhammad Hamdani, Universitas Ibn Khaldun

Teknik Informatika

Dewi Primasari, Universitas Ibn Khaldun

Teknik Informatika

Hersanto Fajri, Universitas Ibn Khaldun

Teknik Informatika

References

Margareta Shinta, Hubungan Pelaksanaan Sistem Kearsipan Dengan Efektivitas Pengambilan Keputusan. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

Khoirul Muhammad, Irianto Tri T dan Kusuma Berlian R, "Aplikasi Pengelolaan Data Kearsipan Pada Sekolah Menengah Atas Negri 1 Mlonggo Jepara Berbasis Multiuser,” Aplikasi Data Kearsipan, Vol. 01 No. ISSN 2302- 5700,pp. No. 01, 2013.

Indrawati Ayu GI, Sistem Informasi Manajemen Arsip STNK Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Semarang Timur, Semarang: Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 2010.

S Edwin Jeff, Sulistiowati dan Mirza Yoppy M, "Rancang Bangun Aplikasi Document Management System Pada Bagian Persediaan Di PT. Indonesia Indah Tobacco Citraniaga,” Sistem Informasi, Vol. 03 No. ISSN 2338-137x,p. No. 01, 2014.

Andwiyan Deny, Rohamah Siti, Pasaribu Mesiana dan Suco Not S, Implementasi System Kearsipan Dengan Metodologi System Development Life Cycle (SDLC) Pada Fiznet.Net, Tanggerang: STMIK Raharja, 2012.

Latif Fauzlah dan Wirangga Aditya P, Perancangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Elektronik (E-ARSIP) Berbasis Microsoft Access Pada PT. HI-TEST, Batam: Politeknik Negeri Batam, 2014.

Pangestu Wira D, "Teori Dasar Sistem Informasi Manajemen (SIM),” Ilmu Komputer, 2007. [Online]. Available: www.IlmuKomputer.com. [Diakses 12 Juli 2017].

Utomo Djoko, "Organisasi Dan Layanan Kearsipan,” Jurnal Kearsipan, Vol. 03 No. ISSN 1978-130x,p. No.01, 2008.

Polri, "Layanan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) Dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK),” Polri, 2010. [Online]. Available: www.polri.go.id. [Diakses 13 Juli 2017].

Pontoh Ivan RG, Arie dan Lumenta, "Arsip Digital Dokumen Kontrak Berbasis Web Pada PT. Abdi Pratama Perkasa,” Teknik Elektro Dan Komputer, Vol. 05 No. ISSN 2301-8402,p. No.04, 2016.

Ratna Kusuma LA, "Pengertian PHP Dan MySQL,” Ilmuti, 2014. [Online]. Available: www.ilmuti.org. [Diakses 13 Juli 2017].

Junidar, "Perancangan Sistem Informasi Arsip Surat Menyurat di Universitas U'Budiyah Indonesia Menggunakan PHP dan MySQL,”Ilmu Komputer, Banda Aceh: STMIK U'Budiyah Indonesia, 2012.

Prabowo Ari F dan Syani Mamay, "Sistem Informasi Pengolahan Sertifikat Berbasis Web di Divisi Training Seamolec,” Vol. 02 No. ISSN 2541-5093,p. No. 01, 2017.

Sommerville, Software Engineering. (9th Edition), Bostom: Addison-Wasley, 2011.

Hasibuan Z A, Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi. Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Komputer, Jakarta: Universitas Indonesia, 2007.

Downloads

Published

2018-12-07

How to Cite

Hamdani, M., Primasari, D., & Fajri, H. (2018). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGARSIPAN BPKB DI POLRES KABUPATEN BOGOR BERBASIS WEB. Jurnal Inovatif : Inovasi Teknologi Informasi Dan Informatika, 1(2), 98–105. https://doi.org/10.32832/inova-tif.v1i2.5447

Issue

Section

Artikel