PENGEMBANGAN WEBSITE FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS PADA FITUR FRONTEND PERSURATAN (STUDI KASUS FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR)

Authors

  • Hanif Hidayaturrahman Hidayaturrahman UNIVERSITAS IBN KHALDUN
  • Fitrah Satrya Fajar Kusumah UNIVERSITAS IBN KHALDUN

DOI:

https://doi.org/10.32832/inova-tif.v2i2.5487

Abstract

Surat adalah suatu sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh satu pihak kepada pihak lain. Persuratan bagian penting dalam berkomunikasi antar instansi sebagai alat bantu dalam menyampaikan informasi. Pada zaman ini sudah tidak asing mendengar kata e-mail dikehidupan kita. Setelah berkembangnya waktu electronic menjadi suatu hal yang memudahkan pekerjaan masyarakat dalam berkomunikasi kepada pihak yang ingin diberikan informasi. Pada penelititian ini dilakukan dalam 3 tahap terdiri dari tahap analisis sistem, tahap perancanga sistem dan database, dan yang terakhir tahap implementasi sistem. Adapun tujuan penelitian dalam mengembangkan website fakultas teknik adalah untuk memudahkan koordinasi masalah persuratan sehingga pengirim surat bisa melacak status keberadaan surat sudah sampai dimana, dan memudahkan Tata Usaha Prodi dan Fakultas dalam proses pengarsipan berkas sehingga ketika ingin mencari arsip surat yang sudah pernah dibuat, maka akan menjadi lebih mudah ditemukan. Hasil dari penelitian ini yaitu membuat Aplikasi Pengarsipan surat agar dapat melihat status pengiriman surat, karena layaknya pengiriman surat sebelumnya, pengiriman ini dirancang sesuai hirarki yang sudah ditentukan. Serta memudahkan tata usaha untu membuat disposisi melalui website. Fokus Pembahasan ini adalah bagian frontend dimana tampilan tampilan yang akan dilihat pada user.

Author Biographies

Hanif Hidayaturrahman Hidayaturrahman, UNIVERSITAS IBN KHALDUN

prodi teknik informatika

Fitrah Satrya Fajar Kusumah, UNIVERSITAS IBN KHALDUN

prodi teknik informatika

References

Herliana, A. dan Rasyid, P. M. (2016) ‘Sistem Informasi Monitoring Pengembangan Software Pada Tahap', Jurnal Informatika, (1), pp. 41–50.

Trimarsiah, Y. dan Arafat, M. (2017) ‘Analisis Dan Perancangan Website Sebagai Sarana Informasi', Jurnal Ilmiah MATRIK, Vol. 19 No, pp. 1–10.

Cruz, R. S. dan Casquilho, M. (2019) ‘Distributed Computing', Iberian Conference on Information Systems and Technologies, CISTI, 2019-June, pp. 15–26. doi: 10.23919/CISTI.2019.8760827.

Suendri (2018). ‘Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan)', Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 3(1), pp. 1–9. Available at: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/download/3148/1871.

Febio, R. S. dan J. (2011). ‘MEMBANGUN APLIKASI E-LIBRARY MENGGUNAKAN HTML, PHP SCRIPT, DAN MYSQL DATABASE

Rini Sovia dan Jimmy Febio', Processor, 6(2), pp. 38–54.

Haryana, K. S. (2008) ‘Pengembangan Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Php', Jurnal Computech & Bisnis, 2(1), pp. 14–21. Available at: http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/74.

Wardana. (2010) Menjadi Master PHP dengan Framework Codeigniter, Elex Media Komputindo, Bau-Bau.

Silviana, A. B. dan Thalib, F. (2018) ‘Pengembangan Situs Web sebagai Wadah Berbagi Jurnal Menggunakan Framework Codeigniter', (100).

Matondang, F. et al. (2016) ‘Perancangan Aplikasi Text Editor Dengan Menerapkan Algoritma Knuth-Morris-Pratt', JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 3(4), pp. 16–21. Available at: https://ejurnal.stmik- budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/332/28

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Hidayaturrahman, H. H., & Fajar Kusumah, F. S. (2019). PENGEMBANGAN WEBSITE FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS PADA FITUR FRONTEND PERSURATAN (STUDI KASUS FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR). Jurnal Inovatif : Inovasi Teknologi Informasi Dan Informatika, 2(2), 99–108. https://doi.org/10.32832/inova-tif.v2i2.5487

Issue

Section

Artikel