SISTEM INFORMASI TRANSAKSI JUAL BELI PRODUK ATK DAN PROYEK PERCETAKAN BERBASIS WEB DI CV. TRISON MEDIA PRINT

Authors

  • Handy Wiguna Putra UNIVERSITAS IBN KHALDUN
  • Hersanto Fajri UNIVERSITAS IBN KHALDUN

DOI:

https://doi.org/10.32832/inova-tif.v2i2.5496

Abstract

Sistem informasi dan teknologi komputer berkembang sangat pesat sejalan dengan besarnya kebutuhan terhadap informasi. Perubahan dan dinamika industri yang semakin cepat seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi sehingga memerlukan kualitas sistem informasi yang akurat, cepat dan tepat. Dengan segala kegiatan bisnis yang mengharuskan terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli maka hal itu akan berpengaruh terhadap pasokan atau persediaan stok barang yang ada pada suatu perusahaan atau organisasi. Sistem Informasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL untuk mempermudah penulis dalam pengembangan, sistem informasi ini menggunakan framework Laravel versi 7 sebagai backend dan Vue.js untuk frontend. Adapun tujuan penelitian ialah membangun dan implementasi sistem informasi berbasi web yang dapat mempermudah berbagai proses bisnis yang ada pada CV Trison Media Print, diantaranya: Mengelola pencatatan pemasukan dan pengeluaran barang, Melaporkan persediaan barang secara realtime, mengelola dan melaporkan baik transaksi penjualan alat tulis kantor maupun transaksi dalam bidang percetakan, mengelola data pembayaran proyek percetakan, mengelola dokumen, status, dan spesifikasi proyek percetakan. Setelah diperoleh tujuan penelitian, maka diperoleh manfaat penelitian bagi CV Trison Media Print yaitu membantu mempermudah perusahaan dalam mengelola data persediaan barang dan transaksi didalamnya melalui otomatisasi penghitungan yang dilakukan sistem informasi.

Kata kunci: sistem informasi, framework

Author Biographies

Handy Wiguna Putra, UNIVERSITAS IBN KHALDUN

prodi teknik informatika

Hersanto Fajri, UNIVERSITAS IBN KHALDUN

prodi teknik informatika

References

Anggraeni, E.Y. dan Rita Irviani. 2017. Pengantar sistem informasi. Yogyakarta: Andi.

Sa'ad, Muhammad Ibnu. 2020. Otodidak Web Programming: Membuat Website Edutainment. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hidayat, Rahmat. 2017. "Aplikasi Penjualan Jam Tangan Secara Online Studi Kasus: Toko JAMBORESHOP." Jurnal Teknik Komputer 3, no. 2 (hal. 90-96).

Fauzan, Mohamad Nurkamal. 2020. Membuat Sistem Approval Anggaran Pelatihan Dengan Php, Codeigniter, Dan Bootstrap. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Supardi, Yuniar & Sulaeman, 2019, Semua Bisa Menjadi Programmer Laravel Basic. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Surya, Candra dan Miftahul Jannah. 2020. Desain Web bagi Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hidayat, Rahmat. 2017. "Aplikasi Penjualan Jam Tangan Secara Online Studi Kasus: Toko JAMBORESHOP." Jurnal Teknik Komputer 3, no. 2 (hal. 90-96).

Putra, Aditya Herdinata, Dian Pramana, dan Ni Luh Putri Srinadi. 2019. "Sistem Manajemen Arsip Menggunakan Framework Laravel Dan Vue.Js (Studi Kasus : BPKAD Provinsi Bali)”. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI) 13 (2), 97-104. https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/214.

Irianto, Dwika Rahman, Moh. Abdullah Anshori, and Putri Elfa Mas'udi. 2020. "Design and Build Ordering Data Communication Systems On Drive Thru Android Based ETU Polinema Bakery”. Jurnal Jartel: Jurnal Jaringan Telekomunikasi 10 (3):144-49. https://doi.org/10.33795/jartel.v10i3.58.

Arief, M.Rudyanto. 2011. ”Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL”. Yogyakarta

Prihandoyo, M. Teguh. 2018. "Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web." Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT 3.1 (hlm. 126-129).

Udi, Udi. 2017. "Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al- Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat." Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika 4, no. 1.

Downloads

Published

2019-12-13

How to Cite

Wiguna Putra, H., & Fajri, H. (2019). SISTEM INFORMASI TRANSAKSI JUAL BELI PRODUK ATK DAN PROYEK PERCETAKAN BERBASIS WEB DI CV. TRISON MEDIA PRINT. Jurnal Inovatif : Inovasi Teknologi Informasi Dan Informatika, 2(2), 160–173. https://doi.org/10.32832/inova-tif.v2i2.5496

Issue

Section

Artikel