EMPATI ORANG TUA TERHADAP BELAJAR ANAK DIRUMAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DIKELURAHAN WONOREJO KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU

Authors

  • Muhammad Farhan Chalid Pendidikan Masyarakat, Universitas Riau
  • Daeng Ayub Pendidikan Masyarakat, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v16i1.14132

Keywords:

Emphaty, Parent, Child

Abstract

Abstract

The purpose of the research that the researchers made was to clarify the level of empathy of parents towards children's learning at home during the  COVID-19 pandemic in  Wonorejo Kabupaten Marpoyan Damai Village, Pekanbaru City .  Survey type Research is a quantitative research  survey with a descriptive approach that analyzes a specific topic or group of subjects. The sampling technique uses Sample Random Sampling.  It is a way to attract the population so that all members of the population are equally likely to be elected or elected.  In this study, it was analyzed using descriptive statistics and data inference analysis in data processing in this study.  According to the analysis of parents' empathy for the study of children's homes during the Covid-19 pandemic,  Wonorejo Village, Marpoyan Damai District, Pekanbaru City, has a very high deviation value of 3.61 and a standard deviation of 0.24. The contribution of parents' sympathy to children's learning at home during the Covid-19 pandemic in  Wonorejo  Village, Marpoyan Damai Kota Pekanbaru district is very small and neutral to the variables of parental sympathy for children's learning at home during the Covid-19 pandemic Wonorejo Kecamatan Marpoyan Damai,  Kota Pekanbaru, which is 27.98% low forecast. That is, empathy is relatively low because each indicator is handled by parents.

Abstrak

Tujuan dari penelitian yang peneliti buat adalah untuk memperjelas tingkat empati orang tua terhadap pembelajaran anak dirumah selama pandemi COVID-19 di Kelurahan Wonorejo Kabupaten Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. Jenis survei Penelitian adalah survei Penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang menganalisis topik atau kelompok subjek tertentu. Teknik pengambilan sampel menggunakan pengambilan sampel-sampel acak (Sample Random Sampling). Ini adalah cara untuk menarik populasi sehingga semua anggota populasi sama-sama cenderung dipilih atau dipilih.  Dalam penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriftif dan analisis inferensi data dalam pengolahan data pada penelitian ini. Menurut analisis empati orang tua terhadap studi rumah anak selama pandemi Covid-19, Kelurahan Wonorejo Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru memiliki nilai simpangan yang sangat tinggi 3,61 dan standar deviasi sebesar 0,24. Kontribusi simpati orang tua terhadap pembelajaran anak di rumah selama pandemi Covid-19 di Kelurahan Wonorejo Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru sangat kecil dan netral terhadap variabel simpati orang tua terhadap pembelajaran anak di rumah selama pandemi Covid-19 Kelurahan Wonorejo Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, yaitu 27,98% perkiraan rendah. Artinya, empati relatif rendah karena setiap indikator ditangani oleh orang tua.

References

Angelyna, A., & Liauw, F. 2020. Fenomenologi Sebagai Metode Pengembangan Empati Dalam Arsitektur. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa) , 2 (2), 1413-1426.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/empati

https://www.kemdikbud.go.id/main/index.php/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Roesli, M., Syafi'i, A., & Amalia, A. 2018. Kajian islam tentang partisipasi orang tua dalam pendidikan anak. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 9(2), 332-345.

Soyomukti, N. 2015. Teori-teori Pendidikan: Tradisional, (Neo)liberal , Marxissosialis, Postmodern. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Chalid, M. F., & Ayub, D. (2022). EMPATI ORANG TUA TERHADAP BELAJAR ANAK DIRUMAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DIKELURAHAN WONOREJO KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.32832/jpls.v16i1.14132

Issue

Section

Articles