MANAJEMEN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT KECAMATAN JATISARI

Authors

  • Eko Koswara Pendidikan Masyarakat, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutarjo Sutarjo Pendidikan Masyarakat, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nia Hoerniasih Pendidikan Masyarakat, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v16i2.14139

Keywords:

Education Managemen, Package C Equivalence Program, PKBM

Abstract

Abstract

This study aims to describe the Planning, Organizing, Implementation, and Supervision of the Package C Equivalence Program Management at PKBM Sanggar Juang, Jatisari District, Karawang Regency. A descriptive qualitative research approach. Data collection techniques, observation, interviews and documentation. The research subjects were one chairperson, one tutor and two residents studying Package C at PKBM Sanggar Juang, Jatisari District, Karawang Regency. The results of the study, in education management there are planning, organizing, implementing and supervising. Planning, in the Package C Equivalence Program at PKBM Sanggar Juang, Jatisari District, Karawang Regency, makes a learning program that is in accordance with the direction of the Karawang Regency education office but in practice it is adjusted again to the needs of the learning community. organizing. PKBM Sanggar Juang cannot be said to be good because the institution still lacks the quality and quantity of its human resources. Implementation of the Package C Equivalence Program at PKBM Sanggar Juang the materials, media, methods, and time used in learning are tailored to the needs of the learning community. The supervision carried out by the PKBM Sanggar Juang creative institution is carried out directly, while the supervision from the education office to the Sanggar Juang PKBM institution is carried out once a year, and there is an evaluation every three months and at the end of each semester.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengawasan pada Manajemen Program Kesetaraan Paket C di PKBM Sanggar Juang Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Pendekatan penelitian kualitatif yang bersifar deskriptif. Teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitiannya yaitu satu orang ketua, satu orang tutor dan dua orang warga belajar Paket C di PKBM Sanggar Juang Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Hasil penelitian, dalam manajemen pendidikan ada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Perencanaan, pada Program Kesetaraan Paket C di PKBM Sanggar Juang Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang membuat pogram pembelajaran yang sesuai dengan arahan dinas pendidikan Kab Karawang tetapi pada praktiknya di sesuaikan lagi dengan kebutuhan warga belajar. Pengorganisasian. PKBM Sanggar Juang belum bisa dikatakan baik karena lembaga tersebut masih kekurangan kualitas serta kuantitas sumberdaya manusianya. Pelaksanaan Program Kesetaraan Paket C di PKBM Sanggar Juang materi, media, metode, dan waktu yang digunakan dalam pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan warga belajar. Pengawasan yang dilakukan oleh kretua lembaga PKBM Sanggar Juang dilakukan ecara langsung sedangkan pengawasan dari dinas pendidikan ke lembaga PKBM Sanggar Juang dilakukan setahun satu kali, serta ada evaluasi tiga bulan sekali dan di setiap akhir semester

References

Almaidah, Siti. (2017). Analisis Efektivitas Kinerja Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Menyelenggarakan Program Pendidikan Berbasis Masyarakat. Media Ekonomi dan Manajemen, 32(2).

Ernawati, Ernawati, & Mulyono, Sungkowo Edy. (2017). Manajemen pembelajaran program paket C di PKBM Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 60–71.

Firdayanti, Amilia. (2022). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARAN DALAM PENYELENGGRAANPROGRAM KESETARAAN PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJARKABUPATEN JENEPONTO.

Friantini, Rizki Nurhana, & Winata, Rahmat. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Koswara, E., Sutarjo, S., & Hoerniasih, N. (2022). MANAJEMEN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT KECAMATAN JATISARI . Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 16(2), 41–50. https://doi.org/10.32832/jpls.v16i2.14139

Issue

Section

Articles