PELATIHAN GELAS AWI DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL WARGA BELAJAR DI PKBM BUANA MEKAR

Authors

  • Firman Ja’far Sodik Pendidikan Masyarakat, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Danugiri Pendidikan Masyarakat, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tika Santika Pendidikan Masyarakat, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v16i2.14142

Keywords:

Training Awi Glass, Lifeskills, Learning Centers

Abstract

Abstract

Every human resource development (HR) has several factors, one of which is education. Non-formal education is an educational path outside of formal education which is carried out in stages and in a structured manner. PKBM is a vehicle to increase the knowledge and economy of learning citizens. The glass awi training is one of the trainings contained in the Mekar Buana PKBM. This study aims to describe the process and results of the glass awi training in improving the life skills of learning residents at PKBM Buana Mekar. This research uses a qualitative approach with a case study method. This research was conducted at PKBM Buana Mekar. The subjects in the study consisted of PKBM managers and one tutor, two learning residents. The research data were obtained through observation, interviews, and documentation studies. The results of the study show that seeing a lot of potential for learning citizens in entrepreneurship and to improve the life skills of learning citizens. The learning process is carried out in one day and the activities are going well using participatory learning strategies, the suggestions and infrastructure are quite adequate. Learning residents are able to distinguish between types of awi, changes in the attitudes of learning residents regarding socialization and empathy. Training activities are able to improve the life skills of learning residents at PKBM

Abstrak

Setiap pembangunan sumber daya manusia (SDM) ada bebarapa faktor salah satunya pendidikan. Pendidikan non formal adalah sebuah jalur pendidikan di luar dari pendidikan formal yang dilaksanakan secara berjenjang da terstruktur. PKBM adalah wahana untuk meningkatkan pengetahuan dan ekonomi warga belajar. Pelatihan gelas awi merupakan salah satu pelatihan yang terdapat dalam PKBM Mekar Buana. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan proses dan hasil pelatihan gelas awi dalam meningkatkan life skill warga belajar di PKBM Buana Mekar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di PKBM Buana Mekar. Subjek dalam penelitian terdiri dari pengelola PKBM dan satu tutor,dua warga belajar. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melihat banyak potensi warga belajar dalam berwirausaha dan untuk meningkatkan life skill para warga belajar. Proses pembelajar dilakuka satu hari dan kegiatan berjalan dengan baik dengan menggunakan strategi pembelajaran partisipatif, saran dan prasarana cukup memadai. Warga belajar mampu membedakan jenis awi, perubahan sikap warga belajar terkait sosialisasi dan sikap empati. Kegiatan pelatihan mampu meningkatkan life skill warga belajar di PKBM Mekar Buana

References

Kurniawan, Asep. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Basri, Hasan. (2015). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung. Pustaka Setia.

Kamil, M. (2011). Pendidikan Nonformal : Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dari Kominkan di Jepang) (Riduwan, Ed.; 2nd ed.). Alfabeta.

Hidayah, Rafita. (2019).”Penerapan Prinsip-Prinsip Andragogi Dalam Proses Pembelajaran Kejar Pake C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Arrohmah, Mraggen, Demak”. Semarang: UNNES.

Ramadlani, Afra Sahafa. (2020)”Metode Pembelajaran Terprogram Lembaga Kursus “ AHA Smart Karawang””. Karawang: UNSIKA.

Wiyatum, Umi Busri. (2016).”Proses Pembelajaran Kurses Menjahit Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Patriot Maju Rahayu Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang”. Karawang: UNSIKA.

Ajabar. (2020)”Manajemen Sumber Daya Manusia”. Yogyakarta: Deepublish.

Fazrina, Dytta. (2016)”Pemanfaatan Hasil Belajar Pada Pelatihan Keterampilan Mekanik Otomotif”. Bandung: UPI.

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudin, Cecep. (2018). “Upaya Pengelolaan PKBM Untuk Meningkatkan Kemandirian Warga Belajar Kesetaraan Paket C Melalui Kewirausahaan. Jurnal ComEdu

Mia Mahfirotul H.(2019). Pelatihan Life Skill Budidaya Pertanian Caisim Untuk Kemandirian Berwirausaha Warga Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Karawang. Karawang: Unsika.

Domino, Primus. (2017). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Menjadi Pengrajin Produk Kerajinan Bambu. Ruteng: Stkip St.Paulus Ruteng.

Hastomo, Nikolas Yudi. (2016)”Landasan Konseptual Perencanaan Dan Perancangan Balai Latihan Kerja Di Klaten Dengan Menggunakan Pendekatan Arsitektur Organik”. Yogyakarta: UAJY

Nugroho, Setianto Anto Ari. (2016)”Pengelolaan Pelatihan Keterampilan Sosila Otomotif Dan Pengelasan Di Panti Social Marsudi Putra “ANTASENA”. Semarang: UNNES.

Pribadi, Benny A. (2016)”Desain Dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE”. Jakarta: KENCANA.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Sodik, F. J., Danugiri, D., & Santika, T. (2022). PELATIHAN GELAS AWI DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL WARGA BELAJAR DI PKBM BUANA MEKAR. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 16(2), 69–78. https://doi.org/10.32832/jpls.v16i2.14142

Issue

Section

Articles