BUKU CERITA BERBASIS POWER POINT SEBAGAI PENGENALAN EKOLITERASI PADA ANAK USIA 5 SAMPAI 6 TAHUN

Authors

  • Dwi Ismawati Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu
  • Ari Putra Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu
  • Citra Dwi Palenti Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu
  • Ririn Gusti Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu
  • Meli Afrodita Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu
  • Dwi Lyna Sari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v17i1.14157

Keywords:

Storybook, Microsoft Office, Early Childhood, Ecoliteracy

Abstract

Abstract

This study aims to design and develop story books based on Microsoft Office as an introduction to ecoliteracy in children aged 5-6 years. This study adopts the ADDIE design and development model. Data collection techniques using storytelling tests, questionnaires, and interviews. Expert assessment involved media experts, material experts, and PAUD teachers to assess a prototype for developing Microsoft Office-based storybooks as an introduction to ecoliteracy in children aged 5-6 years. Storytelling tests and interviews were used in the piloting process. Quantitative data were obtained from pretest and posttest scores and questionnaires for expert validation. Descriptive qualitative data analysis techniques were used to process interview data. Quantitative data analysis was used to test the scores obtained from the pre and post-test. This research produces (1) story books based on Microsoft Office as an introduction to ecoliteracy in children aged 5-6 years and (b) products that have been tested for effectiveness in improving children's ecoliteracy abilities and some of the implications and recommendations are also discussed.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan buku cerita berbasis Microsoft Office sebagai pengenalan ecoliteracy pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini mengadopsi model desain dan pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan tes bercerita, kuisioner, dan wawancara. Penilaian ahli melibatkan ahli media, ahli materi, dan guru PAUD untuk menilai prototipe mengembangkan buku cerita berbasis Microsoft Office sebagai pengenalan ecoliteracy pada anak usia 5-6 tahun. Tes bercerita, dan wawancara digunakan dalam proses uji coba. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest dan posttest serta angket untuk validasi ahli. Teknik analisis data kualitatif deskriptif digunakan untuk mengolah data wawancara. Analisis data kuantitatif digunakan untuk menguji skor yang diperoleh dari pre dan post-test. Penelitian ini menghasilkan (1) buku cerita berbasis Microsoft Office sebagai pengenalan ecoliteracy pada anak usia 5-6 tahun dan (b) produk yang telah teruji efektivitas, dalam meningkatkan kemampuan ecoliteracy anak dan beberapa implikasi dan rekomendasi juga dibahas.

References

Amelia, L. (2012). Kendala-Kendala Yang Dihadapi Tutor Paud Dalam Menyusun Rencana Pembelajaran Di Kecamatan Jantho Aceh Besar Kata Kunci : Tutor Paud , Rencana Pembelajaran. Visipena, 3(1), 100–115. https://doi.org/10.46244/visipena.v3i1.56

Anggara, A. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Kognitif dan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Teologi Berita Hidup, 2(1), 11– 19. https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.18

Angkur, M. F. M. (2020). Peran Guru Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 44–46. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jllpaud/article/view/690

Antonius Ferrian Dwi Prasetyo, S. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran “ORMAS” (Organ Tubuh Manusia) Berbasis Aplikasi Microsoft Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1198–1209. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.865

Badan Pusat Statistik. Laporan Indeks Perilaku Ketidakpedulian Lingkunga Hidup Indoneisa 2018.

Badu, R. W. (2011). Pengembangan Model Pelatihan Permainan Tradisional Edukatif Berbasis Potensi Lokal Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Orang Tua Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 6(2), 180–188.

https://doi.org/10.21009/jiv.0602.8

Capra, F. Smart by Nature: Schooling for Sustainability. Journal of Sustainability Education, pp 122–127, 2010.

Dasrita, Y. Kesadaran Lingkungan Siswa. Cipta Media Edukasi. 2018.

Fadhillah, N. (2019). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak.

Firman Ashadi. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Peran Pendidikan, Sains, Dan Teknologi Dalam Membangun Intelektual Bangsa Dan Menjaga Budaya Nasional Di Era MEA, 4(5), 717–729.

https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jpf/article/view/4244

Fitriana, N., Malang, U. W., Yuniwati,. (2019). Pelatihan Dan Pendampingan ”Bocah Gimmick” PAUD / TA Cut Nyak Dien Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sains, 2(2), 197–207. https://doi.org/10.33086/cej.v3i2.2103

Goleman, D. Ecological Inteligence: How Knowing the Hidden Impact of What We Buy Can Change Evrything. Gramedia Pustaka Utama. 2010

Hsiao, C.-Y., & Shih, P.-Y. (2015). The Impact of Using Picture Books with Preschool Students in Taiwan on the Teaching of Environmental Concepts. International Education Studies, 8(3), 14–23.https://www.bps.go.id/publication/2018/09/21/c0a44f3a31ad3e85233550a0/laporan-indeks-perilaku-ketidakpedulian-lingkungan-hidup-indonesia-2018.html

Kamilah, U., Rihlah, J., Fitriyah, F. K., & Syaikhon, M. (2020). Pengaruh Perilaku Kecanduan Gawai terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 61–67.

Keraf,A. Sonny. Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara 2010.

Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.

Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Dan TK Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092

Mirza, D., Enok, M., & Disman. Enhancing the Role of Early Childhood Education Institution in an Effort to Grow Ecoliteracy 3 . 1 The Importance of Eco literacy in Effort to Realize Sustainable Community. Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), Volume 58 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE-16) Enhancing, 58, pp 312–316, 2017. DOI:10.2991/icece-16.2017.54

Mitchell, Bruce. B. Setiawan. Dwita Hadi Rahmi. Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. Pp 25-2010.

Muazzomi, N. (2017). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Microsoft Powerpoint. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(1), 133–142. Muhammad Rais, S. T. (2017). Pengembangan Aplikasi Microsoft Power Point Pada Sistem Operasi Android Sebagai Bentuk Media Pembelajaran Ilmu Bahan Listrik. Jurnal Media Elektrik, 14(1), 1–6.

Mutia Afnida, Fakhriah, D. F. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada Tk a Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53–59.

Nasrika. (2019). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Globalisasi. Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.0, 149–157.

Pitman, S. D., & Daniels, C. B. Quantifying ecological literacy in an adult western community: The development and application of a new assessment tool and community standard. PLoS ONE, 11(3), https://doi.org/10.1371/journal.pone.0150648 . pp 1–18. 2016.

Putri, S. U., & Nikawanti, G. Pengenalan Green Behaviour melalui Ecoliteracy pada Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10538. Pe print 2018

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267– 275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Retnawati, S. F., Badrun, Y., & Ismanto, E. (2017). IPTEK Bagi Masyarakat (Ibm): Sekolah TK Menghadapi Masalah Implementasi Sains. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), 20–27. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.227

Retnowati, G., Salim, R. M. A., & Saleh, A. Y. (2018). Effectiveness of Picture Story Books Reading to Increase Kindness in Children Aged 5-6 Years. Lingua Cultura, 12(1), 89– 95.

Rochanah, L. (2016). Pemanfaatan Media Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini (Urgensi Media Berbasis Komputer pada Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 2(1), 1–8.

Silalahi, Daud & Kristianto. Hukum Lingkungan Dalam Perkembangan Di Indonesia. Bandung : Cv Keni Media, 2015

Slarp, M. (2014). How ecoliterate is a five year old? Investigating the effects of teaching intervention on kindergarten children’s understanding of ecological concepts [The University of Sydney]. https://ses.library.usyd.edu.au/handle/2123/13124%0Ahttp://prijipati.library.usyd.edu.au/handle/2123/13124

Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/1322/982

Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool: Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53–59.

Yuliariatiningsih, Margaretha S., and T. S. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru Paud dalam Mengembangkan Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini, 3(1), 1– 18.

Yumarni, V. (2018). Pengaruh Gadget terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini AH-PIECE. Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education, 1, 293–300.

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi orangtua terhadap hadirnya era teknologi digital di kalangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254– 264. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Ismawati, D., Putra, A., Palenti, C. D., Gusti, R., Afrodita, M., & Sari, D. L. (2023). BUKU CERITA BERBASIS POWER POINT SEBAGAI PENGENALAN EKOLITERASI PADA ANAK USIA 5 SAMPAI 6 TAHUN. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(1), 36–46. https://doi.org/10.32832/jpls.v17i1.14157

Issue

Section

Articles