Pembelajaran Pendidikan Kecakapan Hidup Melalui Keterampilan Menjahit Bagi Warga Belajar Program Pendidikan Kesetaraan Paket B Di SKB Karawang

Authors

  • Syahrul Maulana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dayat Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Muis

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v17i2.14785

Keywords:

Pengelolaan Pembelajaran, Kecakapan Hidup (Life Skill), keterampilan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pendidikan kecakapan hidup melalui keterampilan menjahit bagi warga belajar program pendidikan kesetaraan paket b di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Karawang. Yang meliputi (1) Perencanaan pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran. (3) Evaluasi pembelajaran. (4) Hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun subjek penelitian ini terdiri dari satu orang pengelola dan tutor serta dua orang warga belajar paket b di SKB Karawang. Penentuan objek ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta tahapan penelitian yaitu orientasi, eksplorasi, dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran dilakukan cukup baik meliputi, latar belakang, identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, dan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui komponen-komponen pembelajaran yang meliputi pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, materi pembelajaran, dan media pembelajaran (3) Evaluasi yang digunakan oleh tutor pada pembelajaran keterampilan menajhit di SKB Karawang yaitu evaluasi formatif dan sumatif dengan teknik tes dan non tes. (4) Hasil belajar yang diperoleh warga belajar dalam mengikuti proses pembelajaran yaitu peningkatan tiga domain yaitu, domain kognitif, afektif, dan psikomotorik.

References

Abdullah. 2017. Pendekatan dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. Jurnal Edureligia. Volume 1 No 1.

Ananda. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)

Chandra & Husni. 2018. Identifikasi Kebutuhan Masyarakat Terhadap Pendirian Taman Bacaan Masyarakat di Desa Tanjung Seteko Kecamatan Indralaya. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. Volume 2 No 2.

Hairun. 2020. Evaluasi dan Penilian dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

I Made Winartha. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Gaha Ilmu.

Kamilah, dkk. 2022. Peningkatan Kemampuan Life Skill Warga Belajar Paket C Melalui Program Keterampilan (Studi Kasus di PKBM Kusuma Bangsa Kabupaten Pali). Lifelong Education Jurnal. Volume 3 No.1.

Nurhasanah Dkk. 2019. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Edu Pustaka.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rahman & Nasryah. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Suprihatiningsih. (2016). Prespektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. Bandung: Deepublish

Ubabuddin. 2019. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif. Volume 5 No 1.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003. Jakarta.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Maulana, S., Hidayat, D., & Muis, A. (2023). Pembelajaran Pendidikan Kecakapan Hidup Melalui Keterampilan Menjahit Bagi Warga Belajar Program Pendidikan Kesetaraan Paket B Di SKB Karawang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(2), 54–62. https://doi.org/10.32832/jpls.v17i2.14785

Issue

Section

Articles