Proses Implementasi Supervisi Akademik Pada Program Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Sejahtera Karawang

Authors

  • Mayang Kusuma Universitas Singaperbangsa Karawanf
  • Ika Rizky Meilya Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Singa Perbangsa Karawang
  • Ahmad Syahir Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Singa Perbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v18i1.14786

Keywords:

Implementasi, Supervisi Akademik, Kesetaraan

Abstract

Supervisi merupakan salah satu komponen pendidikan yang berperan dalam menciptakan output pendidikan yang baik. PKBM Bina Sejahtera Karawang pernah mendapatkan penghargaan sebagai PKBM terbaik ke 3 tingkat Kabupaten Karawang dalam acara pendidikan non formal tahun 2013. Maka dari itu peneliti mengangkat penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui bagaimana proses implementasi supervisi akademik pada program kesetaraan paket C di PKBM Bina Sejahtera Karawang. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PKBM Bina Sejahtera Karawang. Data penelitian diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi supervisi akademik yang dilakukan hampir sesuai akan tetapi masih terdapat beberapa hal yang perlu disempurnakan pada pelaksanaannya.

References

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen pengumpulan data.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.

Ningsih, Ely Sulistya. (2017). Evaluasi Program Paket C di PKBM Delima Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan. 2. (2): 224-241

Pramita, F. (2018). Analisis Nilai Karakter dalam Cerita “Petruk Jadi Raja” Karya Suyadi Sebagai Bahan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SDN Pandeanlamper 05 Semarang. JGK (Jurnal Guru Kita), 2(2), 16-22.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan media video call dalam teknologi komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202-224.

Syaiful Sagala. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2024-05-13

How to Cite

Mayang Kusuma, Meilya, I. R., & Syahir, A. (2024). Proses Implementasi Supervisi Akademik Pada Program Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Sejahtera Karawang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 18(1), 30–36. https://doi.org/10.32832/jpls.v18i1.14786