PENGGUNAAN METODE BERMAIN PEMBANGUNAN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpls.v17i2.14796Keywords:
metode bermain pembangunan, kreativitas, anak usia diniAbstract
Kondisi nyata di lapangan (pendidikan) khususnya pada pendidikan anak usia dini hanya terfokus pada kemampuan CALISTUNG (membaca, menulis dan berhitung). Sehingga perkembangan anak kurang optimal salah satunya yaitu perkembangan kreatifitas. Kreativitas sangat penting untuk mewujudkan dirinya atau aktualisasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan metode bermain pembangunan dengan media balok dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di PAUD Percontohan Plamboyan 3 Karawang dan mendeskripsikan hasil penggunaan metode bermain pembangunan dengan media balok dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di PAUD Percontohan Plamboyan 3 Karawang. Jenis pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian terdapat dua (2) hasil penelitian ini yaitu proses penggunaan metode bermain pembangunan dengan media balok dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di PAUD Percontohan Plamboyan 3 Karawang telah berjalan dengan baik, mulai dari proses persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Dan juga hasil penggunaan metode bermain pembangunan dengan media balok di PAUD Percontohan Plamboyan 3 Karawang dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini.
References
Ginting, M. B. (2018). Membangun Pengetahuan Anak Usia Dini Melalui Permainan Kontruktif Berdasarkan Perspektif Teori Piaget. Jurnal Caksana-Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).
Izartin. (2020). Penerapan Metode Bermain Balok Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Di Paud Negeri Pembina Palu Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(7).
Kemalawati, I. (2017). Upaya Mengingkatkan Kreativitas Anak Melalui Alat Permainan Balok Di Taman Kanak-Kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Empowerment, 6(1).
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1).
Masganti, K. N. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori Dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Pebria Suhartini. (2016). "Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Dengan Permainan Balok Di Taman Kanak-Kanak Sabrina Sukarame Bandar Lampung" Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Inten Lampung.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.
Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2).
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tri Susanti, A. S. (2018). Bermain Pembangunan Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.)
Yeni Rahmawati, E. K. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Pernada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ayu Lestari, Nia Hoerniasih, Uum Suminar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.