Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Pada Program Paket C Di PKBM
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpls.v17i2.14800Keywords:
Pembelajaran Kontekstual, Pendidikan Kesetaraan Pakcet C, PKBMAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan Proses Penerapan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kecakapan hidup pada program Paket C di PKBM. (2) Mendeskripsikan faktor Pendukung dan Penghambat penerapan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kecakapan hidup. (3) Mendeskrisikan Hasil penerapan pembelajaran kontesktual. Penelitian ini dilakukan di PKBM Harapan Bangsa Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitian ini terdiri dari 4 narasumber yaitu 1 orang Ketua PKBM, 1 orang Tutor dan 2 orang Warga Belajar yang mengikuti pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang (1) Proses penerapan pembelajaran kontekstual yang berorientasi menumbuhkan kompetensi (hardskill) pembuatan boneka gantungan kunci dan (softskill) kewirausahaan bagi warga belajar. (2) Faktor pendukung adanya narasumber yang kompeten di bidang pembuatan boneka dengan pemasarannya. Faktor penghambat terbatasnya mitra yang dijalin dalam pegembangan inovasi dan kreativitas produk. (3) Hasil pembelajaran kontekstual bagi warga belajar bertambah dari segi pengetahuan tentang keterampilan menjahit, kemampuan praktik pembuatan boneka gantungan kunci dan tumbuh jiwa kewirausahaan warga belajar dengan bertumbuhnya home industri pembuatan gantungan kunci.
References
Abdul Gafur. 2003. Penerapan Konsep dan Prinsip Pembelajaran Kontekstual (ContextualTeaching and Learning) dan Desain dalam Pengembangan Pembelajaran dan Bahan Ajar. Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan. November 2003: Tahun XXII. No. 3 Universitas Negeri Yogyakarta: LP3M UNY.Pendidikan. November 2003: Tahun XXII. No. 3 Universitas Negeri Yogyakarta: LP3M UNY.
Arikunto, Suharsimi.1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Melton Utama
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Akbar dan Usman, (2004). Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi
Crawford. (2001). Teaching Contextually. Texas: CCI Publishing, Inc.
Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar). Jakarta: Depdiknas
Haylock, D., & Thangata, F. (2007). Key Concepts in Teaching Primary Mathematics. London: Sage Publications
Hersey, Paul dan Ken Blanchard. 1982. Management of Organizational Behavior: Utilizing Human Resource, 4th Edition. Englewood Cliffs, N.J.: PrenticeHall Inc.
Johnson E.B. 2002. Contextual Teaching & Learning, What it is and why it’s here to stay. California: Corwin Press, Inc.
Johnson, Elaine B, Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan bermakna, Bandung: Mizan Learning Center, 2007
Lexy, J Moleong. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Miles M.B and Huberman, A.A.l992Analisa Data Kualitatif, Penerjemah: Tjejep Rohendi Jakarta: Universitas Indonesia
Moleong (1998), Metodologi Penelitian Kualitatif, CV. Remaja Rosdakarya, Bandung
Sanjaya. (2005). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Bandung: Alfabeta
Sudjana. (2003). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito
Suryanti. 2006. Pembelajaran Kontekstual Sebagai Upaya Untuk Mengatasi Kesulitan Siswa Kelas V SD Laboratorium UNESA dalam memahami Materi Panas. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.7, No.1, 2006:50-60. Surabaya: UNESA
University of Washington College of Education. 2001. Training for Indonesian Education Team in Contextual Teaching and Learning. Seatle. Washington. USA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Qeis Khoerun Nisya, Nia Hoerniasih, Uum Suminar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.