Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Pada Program Paket C Di PKBM

Authors

  • Qeis Khoerun Nisya Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nia Hoerniasih Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Singa Perbangsa Karawang
  • Uum Suminar Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Singa Perbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v17i2.14800

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, Pendidikan Kesetaraan Pakcet C, PKBM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan Proses Penerapan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kecakapan hidup pada program Paket C di PKBM. (2) Mendeskripsikan faktor Pendukung dan Penghambat penerapan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kecakapan hidup. (3) Mendeskrisikan Hasil penerapan pembelajaran kontesktual. Penelitian ini dilakukan di PKBM Harapan Bangsa Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitian ini terdiri dari 4 narasumber yaitu 1 orang Ketua PKBM, 1 orang Tutor dan 2 orang Warga Belajar yang mengikuti pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang (1) Proses penerapan pembelajaran kontekstual yang berorientasi menumbuhkan kompetensi (hardskill) pembuatan boneka gantungan kunci dan (softskill) kewirausahaan bagi warga belajar. (2) Faktor pendukung adanya narasumber yang kompeten di bidang pembuatan boneka dengan pemasarannya. Faktor penghambat terbatasnya mitra yang dijalin dalam pegembangan inovasi dan kreativitas produk. (3) Hasil pembelajaran kontekstual bagi warga belajar bertambah dari segi pengetahuan tentang keterampilan menjahit, kemampuan praktik pembuatan boneka gantungan kunci dan tumbuh jiwa kewirausahaan warga belajar dengan bertumbuhnya home industri pembuatan gantungan kunci.

References

Abdul Gafur. 2003. Penerapan Konsep dan Prinsip Pembelajaran Kontekstual (ContextualTeaching and Learning) dan Desain dalam Pengembangan Pembelajaran dan Bahan Ajar. Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan. November 2003: Tahun XXII. No. 3 Universitas Negeri Yogyakarta: LP3M UNY.Pendidikan. November 2003: Tahun XXII. No. 3 Universitas Negeri Yogyakarta: LP3M UNY.

Arikunto, Suharsimi.1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Melton Utama

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Akbar dan Usman, (2004). Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi

Crawford. (2001). Teaching Contextually. Texas: CCI Publishing, Inc.

Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar). Jakarta: Depdiknas

Haylock, D., & Thangata, F. (2007). Key Concepts in Teaching Primary Mathematics. London: Sage Publications

Hersey, Paul dan Ken Blanchard. 1982. Management of Organizational Behavior: Utilizing Human Resource, 4th Edition. Englewood Cliffs, N.J.: PrenticeHall Inc.

Johnson E.B. 2002. Contextual Teaching & Learning, What it is and why it’s here to stay. California: Corwin Press, Inc.

Johnson, Elaine B, Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan bermakna, Bandung: Mizan Learning Center, 2007

Lexy, J Moleong. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miles M.B and Huberman, A.A.l992Analisa Data Kualitatif, Penerjemah: Tjejep Rohendi Jakarta: Universitas Indonesia

Moleong (1998), Metodologi Penelitian Kualitatif, CV. Remaja Rosdakarya, Bandung

Sanjaya. (2005). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Bandung: Alfabeta

Sudjana. (2003). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito

Suryanti. 2006. Pembelajaran Kontekstual Sebagai Upaya Untuk Mengatasi Kesulitan Siswa Kelas V SD Laboratorium UNESA dalam memahami Materi Panas. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.7, No.1, 2006:50-60. Surabaya: UNESA

University of Washington College of Education. 2001. Training for Indonesian Education Team in Contextual Teaching and Learning. Seatle. Washington. USA.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Qeis Khoerun Nisya, Hoerniasih, N., & Suminar, U. (2023). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Pada Program Paket C Di PKBM. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(2), 64–72. https://doi.org/10.32832/jpls.v17i2.14800

Issue

Section

Articles