Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif pada Paud Ar-Rayyan Kota Bogor

Authors

  • Gita Asyipa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dayat Hidayat Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Singa Perbangsa Karawang
  • Sutarjo Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Singa Perbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v18i1.14841

Keywords:

motorik halus, Alat Permainan Edukatif (APE) Ar-Rayyan

Abstract

Alat permainan edukatif memiliki peran yang penting untuk anak usia dini. Hal ini karena alat permainan edukatif dapat membantu anak-anak dalam berbagai hal, seperti mengembangkan keterampilan motorik, kognitif, sosial, dan emosional. Alat permainan edukatif yang tepat dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini. Hal ini dapat mengidentifikasi pengembangan aspek motorik halus anak usia dini melalui alat permainan edukatif. Penelitian yang dilakukan pada Paud Ar-Rayyan Kota bogor bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan motorik halus anak usia dini melalui alat permainana edukatif, hasil dari pengembangan motorik halus anak usia dini, dan mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan motorik halus anak usia dini. Metode yang digunakan penelitian pada Paud Ar-Rayyan Kota Bogor merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, karena data yang dikumpulkan berupa dokumentasi gambar, kata-kata dan bukan bentuk angka-angka hal itu karena disebabkan penerapan metode kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan APE merupakan salah satu cara pembelajaran yang efektif untuk melatih motorik halus anak. Ada banyak sekali APE yang dapat digunakan seperti alat meronce, plastisin, puzzle, balok bersusun, dan lainnya. Perkembangan motorik halus yaitu anak mampu menggerakkan otot-otot kecilnya, yaitu jari-jari tangannya, anak dapat mengkoordinasikan antara mata dan tangannya, anak dapat mengendalikan emosinya. Dengan demikian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan APE mampu menstimulus perkembangan anak dalam proses perkembangannya dengan sangat baik seperti bagaimana koordinasi kedua tangan, jari-jemari, koordinasi mata dengan kedua tangan anak, dan bagaimana anak mengendalikan emosinya. Sehingga media sangat mempengaruhi perkembangan anak dalam hal ini adalah perkembangan motorik halus anak. Dalam pemanfaatan APE perlu diperhatikan beberapa hal seperti perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Pemanfaatan APE di Paud Ar-Rayyan sangat baik dalam menstimulus perkembangan anak. Sehingga Apabila APE dimanfaatkan dengan baik maka perkembangan motorik anak dapat berkembang dengan baik.

References

Bogdan, dan Taylor dalam Andi Prastowo. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak: Jakarta: Penerbit Erlangga.

Heri Rahyubi. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik. Bandung: Nusa Media.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan.

Miles, M.B & Huberman A.M. 1984, Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh

Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Purnama, Sigit. 2019. Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini, Bandung: Rosda.

Wujudkan PAUD Berkualitas, Bantuan APE Naik 1000%. (2021, June 8). PAUDPEDIA. Akses 18 Mei, 2023, https://paudpedia.kemdikbud.go.id/kabar-paud/majalah/wujudkan-paud-berkualitas-bantuan-ape-naik-1000?ref=20210608125046&ix=11

Downloads

Published

2024-05-13

How to Cite

Asyipa, G., Hidayat, D., & Sutarjo. (2024). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif pada Paud Ar-Rayyan Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 18(1), 22–29. https://doi.org/10.32832/jpls.v18i1.14841