Peningkatan Keterampilan Metakognitif Pembelajaran Berbantu Jurnal Belajar Pada Matakuliah Profesi Kependidikan Nonformal

Authors

  • Citra Dwi Palenti Universitas Bengkulu
  • Sofino Sofino Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu
  • Ririn Gusti Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu
  • Ari Putra Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v17i2.15105

Keywords:

Metakognitif, Jurnal Belajar, Profesi Kependidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif mahasiswa berbantu jurnal belajar pada pembelajaran profesi kependidikan nonformal. metode penelitian digunakan ialah berupa eksperimen bertipe kuasi. Prinsip dari jenis penelitian ini yaitu mengetahui hasil dari pemberian  tindakan pada kelompok sampel tertentu. Kelompok pada penelitian ini terdiri dari kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan hasil belajar kelas Ekperimen 79% mahasiswa telah memahami keterampilan metakognitif yang mencakup planning, monitoring, evaluasi dan revising. Sedangkan pada kelas control 67% mahasiswa telah memahami keterampilan metakognitif yang mencakup planning, monitoring, evaluasi dan revising.

Author Biography

Citra Dwi Palenti, Universitas Bengkulu

Google Scholar: zlsf7tIAAAAJ SINTA ID: 6755673

References

Amri. Sofan (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakakarya.

Agustin, Uyu Wahyudin. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung : PT Refika Aditama.

Dali S. Naga. (2005). Ukuran Efek dalam Laporan Hasil Penelitian. Diakses dari http://dali.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/399/4861-aARCHE.doc. Pada tanggal 15 April 2016, jam 09.00 WIB.

Budi, Triton Prawira. 2006. SPSS13.0 Terapan; Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET

Dwi, Fitria (2017). Konstibusi Pengguanaan Jurnal Belajar Pada Pembelajaran Matakuliah Permaianan Bolbas. Cakrawala Jurnal Univeritas Negeri Yogyakarta

Damanhuri, Didin S. (2010). Ekonomi Politik dan Pembangunan. Bogor : PT Penerbit IPB Press

Endang Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Prayitno (200(. Dasar Teori dan Praktis Pendidikan. Jakarja : Grasiondo

Padila. (2012). Buku Ajar: Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Nuha Medika

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & B, Bandung: Alfabeta.

Sakdiah, Ali (2018) Penerapan Jurnal Belajar Untuk meningkarakan motivasi mahasiswa pada mata kuliah dasar Pembelajaran Biologi. Bioeducationjurnal p-ISSN: 2354-8363, e-ISSN: 2615-5451

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Palenti, C. D., Sofino, S., Gusti, R., & Putra, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Metakognitif Pembelajaran Berbantu Jurnal Belajar Pada Matakuliah Profesi Kependidikan Nonformal. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(2), 73–85. https://doi.org/10.32832/jpls.v17i2.15105

Issue

Section

Articles