Peningkatan Keterampilan Metakognitif Pembelajaran Berbantu Jurnal Belajar Pada Matakuliah Profesi Kependidikan Nonformal
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpls.v17i2.15105Keywords:
Metakognitif, Jurnal Belajar, Profesi KependidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif mahasiswa berbantu jurnal belajar pada pembelajaran profesi kependidikan nonformal. metode penelitian digunakan ialah berupa eksperimen bertipe kuasi. Prinsip dari jenis penelitian ini yaitu mengetahui hasil dari pemberian tindakan pada kelompok sampel tertentu. Kelompok pada penelitian ini terdiri dari kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan hasil belajar kelas Ekperimen 79% mahasiswa telah memahami keterampilan metakognitif yang mencakup planning, monitoring, evaluasi dan revising. Sedangkan pada kelas control 67% mahasiswa telah memahami keterampilan metakognitif yang mencakup planning, monitoring, evaluasi dan revising.
References
Amri. Sofan (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakakarya.
Agustin, Uyu Wahyudin. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung : PT Refika Aditama.
Dali S. Naga. (2005). Ukuran Efek dalam Laporan Hasil Penelitian. Diakses dari http://dali.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/399/4861-aARCHE.doc. Pada tanggal 15 April 2016, jam 09.00 WIB.
Budi, Triton Prawira. 2006. SPSS13.0 Terapan; Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET
Dwi, Fitria (2017). Konstibusi Pengguanaan Jurnal Belajar Pada Pembelajaran Matakuliah Permaianan Bolbas. Cakrawala Jurnal Univeritas Negeri Yogyakarta
Damanhuri, Didin S. (2010). Ekonomi Politik dan Pembangunan. Bogor : PT Penerbit IPB Press
Endang Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Prayitno (200(. Dasar Teori dan Praktis Pendidikan. Jakarja : Grasiondo
Padila. (2012). Buku Ajar: Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Nuha Medika
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & B, Bandung: Alfabeta.
Sakdiah, Ali (2018) Penerapan Jurnal Belajar Untuk meningkarakan motivasi mahasiswa pada mata kuliah dasar Pembelajaran Biologi. Bioeducationjurnal p-ISSN: 2354-8363, e-ISSN: 2615-5451
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Citra Dwi Palenti; Sofino Sofino; Ririn Gusti, Ari Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.