Tanggung Jawab dan Peran Orang Tua dalam Menumbuh Kembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpls.v19i2.15539Keywords:
: Tanggung jawab dan Peran, Orang Tua, Kecerdasan Spiritual, Anak Usia DiniAbstract
Keluarga adalah sekumpulan dua orang atau lebih yang mempunyai hubungan darah, perkawinan atau adopsi dan setiap anggota keluarga selalu berinteraksi satu sama lain dengan tujuan menciptakan dan memelihara budaya bersama seperti meningkatkan kesejahteraan fisik, mental, emosional, sosial, dan terutama spiritual pada usia dini pada setiap anggota keluarga. Tanggung jawab dan peran orang tua sangat diperlukan dalam menumbuh kembangkan tingkat kecerdasan spiritual pada anak usia dini agar dapat membantu mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan menjamin masa depan mereka kelak. Tanggung jawab orang tua dalam kaitannya dengan anak diartikan sebagai tempat atau sarana pengasuhan yang dapat memberikan kegiatan kasih sayang dan pengasuhan yang terbaik dengan cara yang efisien dan ekonomis. Anak usia dini yang sering disebut dengan istilah anak yang sedang memasuki masa emas (golden age). Pada masa emas ini, anak akan dengan mudah menerima segala didikan atau informasi serta ajaran yang diberikan oleh orang tua sehingga anak akan dengan mudah mengingat apa saja yang diajarkan oleh orang tua mereka.
References
A RIFA, (2017). “Tinjauan Umum Tentang Nilai-Nilai Agama,” Journal Article Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia ( Jakarta: Balai Pustaka, 1989): 13–51,
Ary, Ginanjar Agustian. (2010). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga.
Damayanti, Ulfi Fitri & Solihin. (2019). “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Dengan Penerapan Nilai Agama, Kognitif, Dan Sosial-Emosional: Studi Deskriptif Penelitian Di Raudhatul Athfal Al-Ihsan Cibubur Hilir.” Syifa Al-Qulub 2(2).
Depdiknas. (2007). Pedoman pembelajaran bidang pengembangan pembiasaan di taman kanak-kanak. Jakarta: Dikdasmen.
Ferlin, Miranda., Lili Dasa Putri. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 6(2),118-123.
Haris, M. (2023). Membangun Kecerdasan Spiritual Islami Anak Sejak Dini (Suatu Telaah tentang Pentingnya Pendidikan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini). Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman, 4(1), 78–89.
Haryanti, D., & Romli. (2021). Pendidikan Islam dalam Keluarga Perspektif Abdullah Nashih Ulwan. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 7(2), 191–208.
Hening, Hangesti Anuraga. (2019). Peran Orangtua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 6-12 Tahun (Studi pada Program Home Visit di Homeschooling Sekolah Dolan Malang) Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 7, No.3.
Latifah, Ismaniar, & Sunarti, V. (2018). Gambaran Penanaman Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Oleh Guru Di Lembaga Paud Adzkia Iii Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Jurnal Spektrum Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 51–57.
Maulidiyah, E. C. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Agama dalam Pendidikan Anak di Era Digital. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 2(1), 71–90.
Nina, Mariana. Dkk, (2019). “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Melalui Homeschooling,” Tarbiyah al-Aulad | 4, no. 1.27.
Novrinda, dkk, (2017). “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan”, Jurnal Potensia PG-Paud FKIP UNIB, Vol. 2, No. 1, 42.
Nurfianti, Dkk. 2020. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Di Desa Toaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala.” Nopakabelo: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 1 No. 1.
Permadi, Komang Satya, Putu Yulia Angga Dewi, Ketut Bali Sastrawan, and Kadek Hengki Primayana. 2020. “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Sekolah Dasar.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 1(2):179. doi: 10.55115/edukasi.v1i2.923.
Rahmat, Rifai Lubis, (2018). “Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak (Studi Pemikiran Nasih ‘Ulwān Dalam Kitab Tarbiyatul Aulād),” Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 1, no. August 1–18.
RK, Ardiati. (2018). – SCHOULID: Indonesia Journal of School..., – scholar.archive.org
Ramadani, S., Ismaniar, I., & Sunarti, V. (2018). Hubungan antara Pengelolaan Lingkungan Belajar dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Menurut Wali Murid di PAUD Falamboyan Parit Malintang Kabupaten Padang Pariaman. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(2), 232.
Samsudin. (2019). “Pentingnya peran orangtua dalam membentuk kepribadian anak,” Scaffolding J. Pendidik. Islam dan Multikulturalisme. 1(2), 50-61.
Sari, Nove Kurniati. (2020). “Dinamika Perkembangan Spiritualitas Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam.” Tadrib: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8 No. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riza Dwi Ginova Riza, Lili Dasa Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















