PERENCANAAN PEMBELAJARAN DARING KOMBINASI MENGGUNAKAN PADLET PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) SUKA MAJU SEJAHTERA

Authors

  • Wilda Febriyanti Wilda Febriyanti a:1:{s:5:"en_US";s:25:"Universitas Negeri Padang";}

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v18i1.15761

Keywords:

Keywords: PKBM, Non-formal Education, Padlet

Abstract

Abstrak

Permasalahan yang sering ditemukan di PKBM adalah tingkat kehadiran peserta didik yang rendah menjadi hal yang harus dicarikan solusinya oleh pihak  lembaga. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang dialami oleh PKBM dan mencarikan solusi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Metode yang digunakan dalam meneliti yaitu dengan pendekatan kualitatif, pengambilan data menggunakan wawancara, dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan di PKBM Suka Maju Sejahtera yang menjadi permasalahan utama di PKBM adalah tingkat kehadiran peserta didik yang rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dirancang pembelajaran berbasis online yang menjadi media pembelajaran yaitu berupa platform padlet.

Kata Kunci : PKBM, Pendidikan Non formal, Padlet

Abstract

The problem that is often found in PKBM is the low level of student attendance, which is something the institution must find a solution for. The aim of this research is to find out the problems experienced by PKBM and find solutions by utilizing information and communication technology. The method used in research is a qualitative approach, data collection using interviews, and observation. The results obtained from research conducted at PKBM Suka Maju Sejahtera are the main problem at PKBM is the low level of student attendance. To overcome this problem, online-based learning was designed as a learning medium, namely the Padlet platform.

Keywords: PKBM, Non-formal Education, Padlet

References

Adinda Apriliani. 2022. “Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Smp Islam Al Kautsar.” Jurnal Impresi Indonesia 1(1):1–6.

Bich, Diem, Huyen Bui, and Tien Thinh Vu. 2022. “ZOOM AND PADLET : A SOLUTION FOR.” 07(01):15–23. doi: 10.18860/abj.v7i1.15131.

Budi Santoso, Richo. 2022. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Padlet Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(5):478–85. doi: 10.55904/educenter.v1i5.166.

Eliyah, and Dwi Agustin. 2022. “Mekanisme Aplikasi Padlet Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Masa COVID-19.” Widya Accarya 13(2):120–26. doi: 10.46650/wa.13.2.1253.120-126.

Sri Handayani, Wulan. 2022. “Penggunaan Padlet Dalam Mereviu Buku Untuk Meningkatkan Literasi Siswa.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 6(2):499–520. doi: 10.26811/didaktika.v6i2.700.

Type, Anderson, Yasunori Sorimachi, and Haku Iizuka. 2022. “反 町 泰 紀 *1) 飯 塚 伯 *2) 筑 田 博 隆 *2).” 7(2):499–508.

Downloads

Published

2024-05-13

How to Cite

Wilda Febriyanti, W. F. (2024). PERENCANAAN PEMBELAJARAN DARING KOMBINASI MENGGUNAKAN PADLET PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) SUKA MAJU SEJAHTERA. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 18(1), 18–22. https://doi.org/10.32832/jpls.v18i1.15761