PERAN KELUARGA DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpls.v18i2.17286Keywords:
Peran Keluarga., Bullying1, Anak Usia DiniAbstract
Bullying atau sering disebut perundungan adalah suatu perbuatan yang disengaja dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan maksud menimbulkan rasa sakit dan dilakukan secara berulang-ulang, bullying saat ini sangat mengkhawatirkan, sehingga perlu adanya pencegahan terhadap perilaku bullying sejak usia dini. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami peran keluarga dalam mencegah perilaku bullying pada anak usia dini. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu peran keluarga dalam mencegah perilaku bullying pada anak usia dini meliputi: 1) Peran keluarga sebagai modelling: orang tua berperan dalam membangun komunikasi yang baik dan efektif, memberikan keteladanan, dan membentuk nilai moral dan etika. 2) Peran keluarga sebagai mentoring: orang tua berperan dalam menciptakan kedekatan emosional pada anak, serta memberikan pendampingan dan dukungan. 3) Peran keluarga sebagai organizing: orang tua berperan dalam menciptakan kerja sama dalam keluarga, memenuhi kebutuhan keluarga dan meluruskan sistem keluarga. 4) Peran keluarga sebagai teaching: orang tua berperan dalam mengajarkan pendidikan karakter, membangun kepercayaan diri pada anak, juga membimbing dan mendidik anak. Simpulan dalam pencegahan bullying pada anak usia dini adalah peran keluarga terutama orang tua sangat dibutuhkan, maraknya kasus bullying saat ini membuat orang tua harus dengan ekstra dalam melibatkan diri dalam pencegahan bullying pada anak.
References
Abdullah, G., & Ilham, A. (2023). Pencegahan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pelibatan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian: DIKMAS, 03(1), 175–182. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.1.175-182.2023
Aliyanti, A., & Sumanto, R. P. A. (2023). Implementasi Layanan Asah, Asih, Asuh sebagai Komitmen Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6818–6830. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5729
Amalia, N. F. (2016). Pentingnya Kerjasama Orang Tua Untuk Membentuk Karakter Anak di Dalam Keluarga. Mercubuana, 270–277.
Anggraeni, M. C. S. (2023). Pengaruh Pentingnya Pendidikan Moral Sejak Dini. Jurnal Ekodunamika: Pendidikan Ekonomi Universitas Kristen Stya Wacana, 4(2), 1–23.
Ginting, N. A., Harun, H., & Nurmaniah, N. (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4297–4308. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2437
Juwita, T., & Yunitasari, S. E. (2024). Pengaruh Keteladanan Orang Tua dalam Pembentukan Perilaku Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 28–33. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3077
Kamila, Y. N., Laksono, B. A., & Karwati, L. (2022). Peningkatan Kepekaan Pada Korban Bullying Di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Modern, 7(3), 123–127. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i3.468
Lilis Karwati, Nur Ajizah, Ghaitsa Tsuraya, F. Q. (2024). Pendidikan Keluarga (B. A. Laksono (ed.)). CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Rizky Rizaldy, R. (2023). Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting Analisis Semiotika John Fiske terhadap Representasi Kedekatan Emosional Orang Tua dan Anak Dalam Film “Pulang.” 3, 1804–1816. https://doi.org/10.47476/dawatuna.v3i4.477
Salamah, F. (2023). Peran Orang Tua Dalam Pencegahan Bullying Pada Anak (Studi Literatur). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526
Surahman, B. (2021). Korelasi Pola Asuh Attachment Parenting Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. In CV. Zigie Utama.
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (I.B Arya Lawa Manuaba (ed.)).
Syahril, S. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dan Dukungan Tenaga Kesehatan Dengan Pelaksanaan Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) Pada Anak Balita Di Kelurahan Batungtaba Wilayah Kerja Puskesmas Pagabiran Padang Tahun 2015. Jurnal Medika Saintika, 7(2), 1--7.
Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.
Ulfiah. (2016). Psikologi Keluarga Pemahaman Hakikat Keluarga & Penanganan Problematika Keluarga (Y. S. Jamaludin (ed.)).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ghalda Hamidah, Lilis Karwati, Bayu Adi Laksono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.