Petualangan Wallace dalam Buku The Ascent of Man Karya Jacob Bronowski Ditinjau dari Perspektif Teori Adventure Education (AE)
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpls.v18i2.18431Kata Kunci:
Adventure Learning; Pendidikan Petualangan; Petualangan Wallace; The Ascent of Man; Jacob Bronowski.Abstrak
Dalam buku The Ascent of Man, pada Bab 9 tentang Tangga Penciptaan, Jacob Bronowski menceritakan tentang bagaimana Teori Evolusi Darwin tercipta. Pada buku ini, Jacob Bronowski banyak bercerita tentang Alfred Russel Wallace, seseorang yang sangat berjasa dalam Teori Evolusi tetapi banyak dilupakan oleh orang-orang. Alfred Russel Wallace, seorang penjelajah dan naturalis, menjalani petualangan yang penuh dengan tantangan, ia dikenal karena perjalanannya ke wilayah-wilayah terpencil seperti Kepulauan Melayu (sekarang Indonesia) dan Amazon. Wallace mengamati flora dan fauna yang memungkinkan dia belajar secara mendalam tentang ekosistem, yang pada akhirnya membantunya merumuskan teori seleksi alam. Wallace berinteraksi dengan berbagai komunitas lokal selama perjalanannya dan mempelajari bagaimana kebudayaan dan peradaban manusia berkembang. Perjalanan Wallace merupakan pembelajaran yang menarik untuk diamati dan dipelajari. Bagaimana Wallace belajar dari penjelajahannya sangat dekat dengan konsep pendidikan petualangan (adventure education). Dari perspektif Adventure Education, petualangan Wallace dalam The Ascent of Man Karya Jacob Bronowski tidak hanya menggambarkan penemuan ilmiah, tetapi juga proses pembelajaran yang mendalam melalui eksplorasi, tantangan, dan pengalaman langsung. Ini adalah contoh nyata bagaimana petualangan dapat menjadi alat pendidikan yang ampuh untuk memahami dunia dan diri sendiri.
Referensi
Dalam buku The Ascent of Man, pada Bab 9 tentang Tangga Penciptaan, Jacob Bronowski menceritakan tentang bagaimana Teori Evolusi Darwin tercipta. Pada buku ini, Jacob Bronowski banyak bercerita tentang Alfred Russel Wallace, seseorang yang sangat berjasa dalam Teori Evolusi tetapi banyak dilupakan oleh orang-orang. Alfred Russel Wallace, seorang penjelajah dan naturalis, menjalani petualangan yang penuh dengan tantangan, ia dikenal karena perjalanannya ke wilayah-wilayah terpencil seperti Kepulauan Melayu (sekarang Indonesia) dan Amazon. Wallace mengamati flora dan fauna yang memungkinkan dia belajar secara mendalam tentang ekosistem, yang pada akhirnya membantunya merumuskan teori seleksi alam. Wallace berinteraksi dengan berbagai komunitas lokal selama perjalanannya dan mempelajari bagaimana kebudayaan dan peradaban manusia berkembang. Perjalanan Wallace merupakan pembelajaran yang menarik untuk diamati dan dipelajari. Bagaimana Wallace belajar dari penjelajahannya sangat dekat dengan konsep pendidikan petualangan (adventure education). Dari perspektif Adventure Education, petualangan Wallace dalam The Ascent of Man Karya Jacob Bronowski tidak hanya menggambarkan penemuan ilmiah, tetapi juga proses pembelajaran yang mendalam melalui eksplorasi, tantangan, dan pengalaman langsung. Ini adalah contoh nyata bagaimana petualangan dapat menjadi alat pendidikan yang ampuh untuk memahami dunia dan diri sendiri.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mohammad Muhyidin Nurzaelani, Suyitno Muslim, Wisnu Djatmiko

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.