PERAN PAKET C DALAM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI YAYASAN PKBM HANUBA MEDAN
Keywords:
Pendidikan Luar Sekolah, PAKET C, Akses, PendidikanAbstract
Program Paket C dalam pendidikan luar sekolah memiliki peran strategis dalam memberikan akses pendidikan bagi masyarakat yang tidak dapat melanjutkan ke pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Paket C di Yayasan PKBM Hanuba Medan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan karakter peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Paket C di PKBM Hanuba tidak hanya berfokus pada akademik, tetapi juga membangun keterampilan hidup dan nilai karakter seperti disiplin, tanggung jawab, dan kemandirian. Melalui pendekatan berbasis komunitas dan metode pembelajaran yang fleksibel, PKBM Hanuba berhasil menciptakan lingkungan belajar yang inklusif.
References
Adriani, M. “Paket C sebagai Solusi Pendidikan Nonformal di Indonesia”. Jurnal Pendidikan Berkelanjutan, Vol. 10, no. 3, 2021.
Badan Pusat Statistik (BPS), “Statistik Pendidikan Indonesia 2022,” diakses pada 20 Februari 2024, dari https://bps.go.id.
Baharuddin, A. (2015). Efektivitas Program Pendidikan Kesetaraan Paket C dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik di PKBM. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(2).
Fitriani, L. “Pendidikan Nonformal dan Peranannya dalam Membuka Akses Belajar”. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 12, no. 4, 2019.
Hidayat, F. “Analisis Program Pendidikan Nonformal: Studi Kasus PKBM”. Jurnal Pendidikan Alternatif, Vol. 7, no. 2, 2020.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, “Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Kesetaraan 2021.”
Knowles, M. (1980). The Modern Practice of Adult Education: Andragogy versus Pedagogy. Cambridge: Cambridge Adult Education Press.
Kusuma, D. “Peran Pendidikan Luar Sekolah dalam Meningkatkan Keterampilan Kerja”.Jurnal Pendidikan Alternatif, Vol. 15, no, 2, 2020.
Prabowo, A. (2017). Tantangan Pendidikan Kesetaraan Paket C di Indonesia. Jurnal Pendidikan Nonformal, 8(1).
Pratiwi, S. “Penelitian Kualitatif: Metode dan Penerapannya”. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, Vol. 8, no. 1, 2020.
Sari, R. “Studi tentang Implementasi Program Paket C”. Jurnal Kajian Pendidikan, Vol. 6, no. 2, 2019.
Siregar, L. (2020). Studi tentang Stigma terhadap Pndidikan Nonformal di Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Sen, A. (1999). Development as Freedom. Oxford University Press.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Tilaar, H.A.R. (2009). Membangun Pendidikan Nasional yang Berkarakter. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Pasal 31 Ayat 1.
UNESCO. (2002). Education for All: The Quality Imperative. Paris: UNESCO Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nazaruddin, Afrahul Fadhila Daulay

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















