Analisis Efektivitas Platform E-Learning dalam Mendukung Kegiatan Pendidikan dan Dakwah Wanita Muslimah

Authors

  • ika suartika uika bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v19i1.19278

Keywords:

E-learning, Wanita Muslimah, Pendidikan, Dakwah

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan dan dakwah, termasuk bagi wanita Muslimah. Platform e-learning menjadi salah satu sarana yang potensial dalam mendukung kegiatan pendidikan dan dakwah secara fleksibel, interaktif, dan luas jangkauannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas platform e-learning dalam mendukung peningkatan literasi pendidikan dan dakwah di kalangan wanita Muslimah. Penelitian ini dilaksanakan pada komunitas wanita Muslimah di wilayah Jabodetabek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mixed methods) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui survei terhadap 50 responden yang aktif menggunakan platform e-learning, sementara data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 10 narasumber utama. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik deskriptif dan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform e-learning efektif dalam meningkatkan akses wanita Muslimah terhadap materi pendidikan dan dakwah. Aspek kemudahan penggunaan, keberagaman konten, serta fleksibilitas waktu menjadi faktor utama yang mendukung efektivitas. Namun, hambatan seperti keterbatasan literasi digital dan akses internet masih menjadi tantangan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa platform e-learning memiliki potensi besar dalam mendukung kegiatan pendidikan dan dakwah wanita Muslimah. Diperlukan upaya peningkatan literasi digital dan pengembangan konten yang lebih relevan untuk memaksimalkan manfaatnya .

References

Anderson, R. E., & Dexter, S. (2005). School Technology Leadership: An Empirical Investigation of Prevalence and Effect. Educational Administration Quarterly, 41(1), 49-82.

Anderson, T. (2018). The Theory and Practice of Online Learning. Edmonton: Athabasca University Press.

Azra, A. (2004). Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII: Akar Pembaruan Islam Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Bates, A. W. (2020). Teaching in a Digital Age: Guidelines for Designing Teaching and Learning. Vancouver: BCcampus Open Textbook.

Bozkurt, A., & Sharma, R. C. (2020). Emergency Remote Teaching in a Time of Global Crisis Due to CoronaVirus Pandemic. Asian Journal of Distance Education, 15(1), 1-6.

Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2008). Blended Learning in Higher Education: Framework, Principles, and Guidelines. San Francisco: Jossey-Bass.

Hadi, S. (2004). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Hill, P., & Lawton, W. (2018). Digital Learning and the Future of Higher Education. EDUCAUSE Review, 53(1), 10-20.

Keller, J. M. (1987). Development and Use of the ARCS Model of Instructional Design. Journal of Instructional Development, 10(3), 2-10.

Laurillard, D. (2012). Teaching as a Design Science: Building Pedagogical Patterns for Learning and Technology. New York: Routledge.

Mason, R., & Rennie, F. (2008). E-Learning and Social Networking Handbook: Resources for Higher Education. New York: Routledge.

Moore, M. G., & Kearsley, G. (2012). Distance Education: A Systems View of Online Learning. Belmont, CA: Wadsworth.

Palloff, R. M., & Pratt, K. (2007). Building Online Learning Communities: Effective Strategies for the Virtual Classroom. San Francisco: Jossey-Bass.

Salman, S. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Dakwah Islam di Era Digital. Jurnal Komunikasi Islam, 9(1), 1-15.

Siemens, G. (2005). Connectivism: A Learning Theory for the Digital Age. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 2(1), 3-10.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008). What Drives a Successful E-Learning? An Empirical Investigation of the Critical Factors Influencing Learner Satisfaction. Computers & Education, 50(4), 1183-1202.

Wilson, B. G. (1996). Constructivist Learning Environments: Case Studies in Instructional Design. Educational Technology Research and Development, 41(3), 10-12.

Yusuf, M. (2017). Dakwah Digital: Peluang dan Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dakwah Islamiyah, 7(2), 45-56.

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can E-Learning Replace Classroom Learning? Communications of the ACM, 47(5), 75-79.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

suartika, ika. (2025). Analisis Efektivitas Platform E-Learning dalam Mendukung Kegiatan Pendidikan dan Dakwah Wanita Muslimah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 19(1), 15–23. https://doi.org/10.32832/jpls.v19i1.19278

Issue

Section

Articles