PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KETERAMPILAN MEMBATIK
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpls.v19i1.19592Kata Kunci:
Keterampilan Membatik, Pemberdayaan Perempuan, Proses PemberdayaanAbstrak
Belum adanya kegiatan untuk kreativitas kreativitas perempuan di Desa Jalatrang menjadi salah satu latar belakang terbentuknya program pemberdayaan ini. Pemerintah Desa Jalatrang berupaya membentuk Rumah Batik Jalatrang Kreatif untuk membangkitkan batik khas Ciamis yang kini sudah mulai redup. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pemberdayaan perempuan melalui keterampilan membatik di Rumah Batik Jalatrang Kreatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan perempuan melalui keterampilan membatik di Rumah Batik Jalatrang Kreatif sudah berjalan sesuai rencana. Proses pemberdayaan yang dilakukan di Rumah Batik Jalatrang Creative diawali dengan mengidentifikasi potensi dan permasalahan melalui pertemuan, proses penyusunan rencana kegiatan dilakukan melalui diskusi untuk menentukan rencana yang tepat, kemudian proses penerapan rencana kegiatan dilakukan dengan fokus terhadap tujuan utama, yaitu pemberdayaan melalui keterampilan membatik dengan memberikan pelatihan agar proses produksi dapat berjalan dengan baik, proses terakhir adalah pertemuan proses dan hasil kegiatan yang dilakukan dengan cara berkumpul melalui dokumentasi, absensi, serta laporan kegiatan. Simpulan dari penelitian ini adalah proses pemberdayaan perempuan di Rumah Batik Jalatrang Creative ini diawali dengan proses identifikasi dan kajian potensi wilayah, penyusunan rencana kegiatan, penerapan rencana kegiatan, serta memadukan proses dan hasil kegiatan.
Referensi
Ardias, W. S., & Lenggogeni, P. (2022). Peningkatan Kerjasana sebagai Upaya Mengoptimalkan Program Kerja Organisasi Ikatan Mahasiswa Solok Selatan. 1(1), 91–104.
Astuti, A. W. (2021). Peran Pemberdayaan Perempuan untuk Memenuhi Kesejahteraan Ekonomi Keluarga dalam Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Negeri Raden Intan Lampung.
Ayumsari, R. (2022). Peran Dokumentasi Informasi Terhadap Keberlangsungan Kegiatan Organisasi Mahasiswa. Tibanndaru : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 6(1), 63–78. https://doi.org/10.30742/tb.v6i1.2044
Darmawan, D., Hidayat, R., & Kurniawan, A. (2024). Pengembangan Sistem Absensi dan Informasi Karyawan Berbasis Web. 1(6), 928–933.
Gani, M. H., Widdiyanti, W., Yandri, Y., & Akbar, T. (2022). Pelatihan Batik Tulis dan Batik Ecoprint di Kampung Tobiang Rumah Baca Art Lab Nagari Sungai Talang Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Abdidas, 3(3), 572–579. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.630
Inayah, F., Wulandari, S. R., Hamka, D. W., Kurniawan, R., & Izmi, S. A. (2023). Pelatihan Batik Tulis Berbasis Kearifan Lokal untuk Peningkatan Keterampilan Siswa SMA Negeri 4 Pare-Pare. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri, 1(2), 2964–2795. https://www.mand-ycmm.org/index.php/jpmm/article/view/465
Jufriyanto, M. (2019). Pengembangan Produk Unggulan Sebagai Potensi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa di Kecamatan Modung Bangkalan. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 5(1). https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v5i1.5162
Khoirunnisa, V., & Suharso, P. (2022). Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Membatik di Perpustakaan Pustaka Sakti Desa Gemeksekti Kabupaten KebuPitono, A., dan Kartiwi. 2016. “Penguatan Pemerintahan Desa dan Kelurahan Menuju Pembangunan Berkelanjutan dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 6(3), 293–306. https://doi.org/10.14710/anuva.6.3.293-306
Mintardjo, B. H. (2022). Pengembangan Wisata Edukasi Berkelanjutan: Studi Kasus di Museum Radya Pustaka. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(2), 70–80. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i2.423
Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14
Nurlatifah, D. A., Sumpena, D., & Hilman, F. A. (2020). Proses Pemberdayaan Perempuan pada Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta). Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i1.9463
Puspitasari, S. D. (2024). Pemberdayaan Pemuda Dhuafa melalui Pendidikan Keterampilan Otomotif di Yayasan Tebar Iman Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rahmawati, L., & Putri, L. D. (2022). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) untuk Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan Menjahit. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 114–124. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v5i2.7626
Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., & Dana, R. (2021). Pelatihan Penulisan Laporan Kegiatan bagi Mahasiswa Program Studi PBSI FKIP Universitas Baturaja. Jurnal Indonesia Raya, 2(2), 1–5.
Suharyani, Y. D., & Djumarno. (2023). Perencanaan Strategis dan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(2), 767–778.
Suparno, & Asmawati, L. (2019). Monitoring dan Evaluasi untuk Peningkatan Layanan Akademik dan Kinerja Dosen Program Studi Teknologi Pemberlajaran Pascasarjana. 6(1), 88–97.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Siti Zakiyah Maulida, Bayu Adi Laksono, Nastiti Novitasari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















