EVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DALAM BIDANG PANGAN

Penulis

  • Inda Asri Damayanti Universitas Siliwangi
  • Wiwin Herwina Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Siliwangi
  • Lilis Karwati Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v19i1.19605

Kata Kunci:

Pemberdayaan Keluarga, Evaluasi Program, Metode Cipp

Abstrak

Abstrak

Kebutuhan dasar manusia yang harus dicukup salah satunya yaitu dalam aspek pangan. Namun, sistem ketahanan pangan di Indonesia termasuk masih rawan. Tindakan pencegahan atas kerawanan pangan ini dapat diatasi salah satunya melalui program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam bidang pangan.  Tetapi, kurangnya pengetahuan dan keterampilan serta rendahnya tingkat kerjasama anggota dalam menjalankan program sehingga perlu adanya kegiatan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun hasil penelitian bahwa: Evaluasi context, dengan anggota PKK yang memahami pentingnya pemenuhan pangan, dan program Aku Hatinya PKK diadakan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan. Evaluasi Input, dengan penggunaan dana, sarana dan prasarana yang memadai serta dukungan dari pihak eksternal. Evaluasi Process, dengan pelaksanaan program yang sesuai dengan perencanaan, namun masih kurangnya penyesuaian waktu sebagian anggota PKK dalam mengikuti program. Evaluasi Product, dengan adanya kepuasan dari anggota PKK terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh. Simpulan penelitian ini melalui metode CIPP dapat membantu program pemberdayaan kesejahteraan keluarga dalam bidang pangan.

Kata Kunci : Pemberdayaan Keluarga; Evaluasi Program; Metode CIPP.

Abstract

The fulfillment of basic human needs, particularly food, is crucial. However, Indonesia's food security system remains vulnerable. One solution involves the Family Welfare Empowerment (PKK) program in the food sector. Yet, limited knowledge, skills, and cooperation among members necessitate program evaluation. This study adopts a qualitative descriptive method, with data collected through observation, interviews, and documentation, focusing on purposive sampling. The results of the research are: Context evaluation, with PKK members who understand the importance of food fulfillment, and the PKK's Aku Hatinya program is held to increase knowledge and skills. Evaluation of inputs, with the use of adequate funds, facilities and infrastructure as well as support from external parties. Process Evaluation, with the implementation of the program in accordance with the plan, but there is still a lack of time adjustment for some PKK members in participating in the program. Product Evaluation, with the satisfaction of PKK members with the increase in knowledge and skills obtained. The conclusion of this research through the CIPP method can help family welfare empowerment programs in the food sector.

Keywords : Family Empowerment; Program Evaluation; CIPP Method.

Referensi

Ahmad, A. (2022) Manajemen Produksi Dan Konsumsi Masyarakat Dalam Mendukung Pertanian Yang Berkelanjutan. Cv. Azka Pustaka. Available at: https://books.google.co.id/books?id=8qGaEAAAQBAJ.

Aneline (no date) Restorasi Pekarangan Indonesia. Guepedia. Available at: https://books.google.co.id/books?id=M54WEAAAQBAJ.

Divayana and Hendra, D.G. (2018) Evaluasi Program. PT. RajaGrafindo Persada. Available at: https://books.google.co.id/books?id=M3vdEAAAQBAJ.

Hadiyanti, P. (2023) Partisipasi dan Identifikasi Pembelajaran Masyarakat dan Orang Dewasa. Agree Media Publishing. Available at: https://books.google.co.id/books?id=Z1_gEAAAQBAJ.

Hakim, L. (2017) ‘Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Sukamerta Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang’, Jurnal Politikom Indonesiana, 2(2), pp. 43–53.

Harvian, K.A. and Yuhan, R.J. (2020) ‘Kajian Perubahan Iklim Terhadap Ketahanan Pangan’, Seminar Nasional Official Statistics, (1), pp. 1052–1061.

Herwina, W. (2021) Analisis Model-Model Pelatihan. Bayfa Cendekia Indonesia. Available at: https://books.google.co.id/books?id=d8EpEAAAQBAJ.

Hulu, Y. et al. (2018) ‘Pengelolaan Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa’, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), pp. 146–154. Available at: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis.

Kaharti, E. (2019) ‘Evaluasi Prosedur Penyusunan Anggaran dan Penetapan Anggaran’, Jurnal Ilmiah dan Akuntansi dan Keuangan, 08(02), pp. 1–6.

Karwati, L. (2020) Menolak Subordinasi Gender Berdasarkan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Pembangunan Nasional Menjelang Bonus Demografi 2035, Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS.

Kurniasih, D. et al. (2021) UNISAedu. UNISA Press (UNISAedu : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan). Available at: https://books.google.co.id/books?id=468zEAAAQBAJ.

Lesnussa, J.U. and Kunci, K. (2019) ‘Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat Di Negeri Halong Baguala Ambon Artikel info’, Jurnal Sosio Sains, 5(2), pp. 91–107. Available at: http://journal.lldikti9.id/sosiosains.

Naibaho, I.Y. (2023) Keberhasilan Proyek Ketenagalistrikan Berbasis Manajemen Sumber Daya Manusia. Nas Media Pustaka. Available at: https://books.google.co.id/books?id=sey1EAAAQBAJ.

Novalinda, R., Ambiyar, A. and Rizal, F. (2020) ‘Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal Oriented’, Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), pp. 137–146. Available at: https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644.

Ritonga, R., Saepudin, A. and Wahyudin, U. (2019) ‘Penerapan Model Evaluasi Kirkpatrick Empat Level Dalam Mengevaluasi Program Diklat Di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang’, 12 | Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), pp. 12–21. Available at: www.bbpp-lembang.info.

Rodiah, S., Lusiana, E. and Agustine, M. (2016) ‘Pemberdayaan Kader PKK dalam Usaha Penyebarluasan Informasi Kesehatan Jatinangor’, Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 5(1), pp. 5–8.

Sukenti, K. et al. (2020) ‘Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Upaya dalam Membantu Ketersediaan Pangan dan Perekonomian Masyarakat di Desa Sukarema, Kabupaten Lombok Timur’, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2), pp. 97–101. Available at: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i1.362.

Triatmanto, B., Apriyanto, G. and Syarif Hidayatullah, dkk (2024) Model Pemberdayaan Masyarakat Holistik : Berorientasi Potensi Lokal. Uwais Inspirasi Indonesia. Available at: https://books.google.co.id/books?id=NioREQAAQBAJ.

Wadu, L.B. and Gultom, A.F. (2020) ‘Bentuk Keterlibatan Masyarakat Dalam Pembangunan Berkelanjutan’, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), pp. 80–88.

Diterbitkan

2025-05-13

Cara Mengutip

Inda Asri Damayanti, Herwina, W., & Karwati, L. (2025). EVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DALAM BIDANG PANGAN . Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 19(1), 32–46. https://doi.org/10.32832/jpls.v19i1.19605

Terbitan

Bagian

Articles